JATIM, (M-RADARNEWS.COM),-             Data Satgas Covid-19 Jatim per 13 Januari 2022 menyebut, kasus aktif hari ini tercatat ada 133 pasien. Terbanyak dari Kabupaten Malang, yakni sebanyak 20 kasus aktif.

Setelah Kabupaten Malang memimpin jumlah kasus aktif maka diusul Kabuoaten Pasuruan dengan 16 masyarakat yang terpapar virus Corona. Lalu diikuti Kota Surabaya sebanyak 11 kasus, Gresik 8 kasus aktif, Kota Malang 7 kasus aktif, dan Sidoarjo, Probolinggo, Tulungagung yang masing-masing terdapat 5 kasus.

Untuk wilayah dengan nol kasus aktif terdapat 7 daerah di Jatim. Yakni Kabupaten Trenggalek, Situbondo, Kota Batu, Kota Blitar, Kota Mojokerto, Kota Probolinggo dan Kabupaten Bondowoso.

Sedangkan data penambahan kasus di Jatim hari ini, ada tambahan 23 pasien baru. Lalu, 12 pasien sembuh dan nol pasien meninggal dunia.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Jatim, Dr Makhyan Jibril mengatakan, tambahan kasus Covid-19 di jatim selama awal tahun 2022 berkisar di angka belasan hingga 30 kasus per ahri. Meski penambahan relatif sedikit, masyarakat Jatim diimbau untuk waspada dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Untuk antisipasi, saat ini Satgas Covid-19 Jatim telah menyiapkan sejumlah ruang isolasi dan karantina. Khususnya untuk kepulangan PMI/TKI ke Jatim.

Satgas juga memastikan, bahwa pemeriksaan sampel WGS di Jatim berjalan baik untuk kasus kemungkinan mutasi Omicron, termasuk kasus yang terdeteksi varian lainnya.

Selain itu, Satgas Covid-19 Jatim akan berkoordinasi dengan Dinkes Kabupaten/Kota untuk melakukan penelusuran massal, jika ditemukan kasus Omicron. (merah/jnr/kmf)

Facebook Comments