JATENG, (M-RADARNEWS.COM),-              Memperingati Hari Guru yang jatuh setiap tanggal 25 November sekaligus untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-76, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Boyolali menggelar doa bersama secara sederhana. Gelaran doa bersama tersebut dilaksanakan di 21 kantor cabang PGRI di 21 kecamatan.

Kepala Disdikbud Kabupaten Boyolali, Darmanto mengungkapkan, bahwa doa bersama dilakukan serentak pada pukul 09.00 WIB dengan pembacaan ayat suci Al Quran bagi umat Muslim, kemudian bagi guru non Muslim dipersilahkan berdoa di tempat ibadah masing masing.

“Secara serentak jam 09.00 WIB mengadakan doa bersama,” katanya saat dijumpai di Masjid Ageng Kabupaten Boyolali, Kamis (25/11/2021).

Diungkapkan, sebanyak 7.000 guru yang ada di Kabupaten Boyolali diharapkan dapat mengimplementasikan pendidikan sesuai dengan Undang-Undang No 20 Tahun 2003 pasal 1 ayat 2 yang menyebutkan, bahwa pendidikan nasional yakni pendidikan yang berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama, kebudayaan nasional Indonesia dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman.

“Ke depan kita harus lebih baik sebagaimana harapan pahlawan pendidikan dan juga menjadi semboyan pendidikan, Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mbangun Karso dan Tut Wuri Handayani. Itu yang harus menjadi filosofi pegangan bagi kita semua harus bisa menjadi contoh yang baik bagi peserta didik,” ungkap Darmanto.

Meski setiap tahun, sekitar 200 guru baik itu TK, SD mapun SMP yang purna tugas, namun semangat untuk memberikan ilmu kepada anak didik harus tetap bergelora. Terlebih, tahun depan akan ada 1.656 guru dari formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK) yang mampu memberikan inovasi inovasi terbaru dalam dunia pendidikan.

“Mudah mudahan tetap jaya, tetap bertumbuh kembang yang bagus dan guru semakin semangat dalam mendidik, anak didiknya menjadi anak yang baik,” harap Kepala Sekolah SD Negeri Karanggeneng, Siswanta.

Senada, Ketua Guru Tidak Tetap (GTT) Pendidikan Agama Islam (PAI) Kabupaten Boyolali, Eksani. Dengan peringatan Hari Guru ini, dia berharap mampu mendukung visi dan misi Bupati Boyolali.

“Kami akan bersama sama mendukung program program dari Bupati Boyolali yang metal (melangkah bersama, menata bersama, penuh totalitas),” pungkasnya. (red/hm)

Facebook Comments