JATIM, (M-RADARNEWS.COM),-                Wakil Bupati (Wabup) Banyuwangi, Sugirah membuka Pelatihan Jurnalistik dan Diskusi Kehumasan. Pelatihan tersebut diikuti oleh guru-guru SMP di Banyuwangi.

“Pengetahuan tentang jurnalistik ini penting untuk dunia pendidikan. Bagaimana menciptakan imej yang baik untuk sekolah. Sehingga ini merupakan awal yang baik bagi sekolah untuk lebih mengerti dan tahu tentang jurnalistik,” ujar Wabup Sugirah saat membuka pelatihan tersebut di Gambiran, Sabtu (27/11/2021).

Pelatihan tersebut digelar media online TIMES Indonesia Biro Banyuwangi dan diikuti oleh 40 orang guru-guru SMP negeri dan swasta di tiga wilayah kecamatan terdiri atas Bangorejo, Siliragung, dan Pesanggaran.

Sugirah mengatakan, ilmu tentang kehumasan ini dibutuhkan bagi kepala sekolah, karena penting bagi insan pendidikan menciptakan imej yang baik bagi sekolah. Selain itu, lewat pelatihan ini diharapkan pihak sekolah tahu bagaimana melakukan pelayanan informasi dengan baik.

“Saya, atas nama Pemkab Banyuwangi mewakili Ibu Bupati sangat mengapresiasi pelatihan hari ini. Karena sudah memberikan kontribusi bagi pengembangan sekolah di Banyuwangi,” kata Sugirah.

Ketua Panitia Pelatihan Jurnalistik dan Diskusi Kehumasan, Riswan Efendi mengaku bahwa publisitas bagi sebuah lembaga pendidikan merupakan kebutuhan.

“Dari data survei terakhir pada tahun 2018 yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), 54 % dari 260 juta lebih penduduk Indonesia sudah menggunakan internet,” kata Riswan.

Lebih lanjut Riswan mengungkapkan, bahwa dari 64 persen penduduk Indonesia yang menjadi pengguna internet, 93 persen mengakses internet melalui ponsel.

“Oleh sebab itu dapat diambil kesimpulan, pemberitaan melalui media online merupakan hal yang sangat efektif untuk publikasi sekolah. Pelatihan ini nantinya akan dipandu oleh narasumber, Agung Sedana dan Rizki Alfian yang mengisi tema jurnalistik. Sedangkan diskusi kehumasan dipandu oleh General Manager (GM) TIMES Indonesia Biro Banyuwangi Syamsul Arifin,” terangnya.

Usai membuka acara Pelatihan Jurnalistik dan Diskusi Kehumasan, Wabup Sugirah melanjutkan agendanya untuk membuka Kursus Orientasi Pembina Pramuka Prasiaga bagi Guru PAUD di Kwartir Ranting Sempu yang diikuti oleh 190 orang guru PAUD di wilayah kecamatan Sempu mulai hari Sabtu hingga Minggu tanggal 27 sampai 28 November 2021. (hm/*)

Facebook Comments