JATENG, (M-RADARNEWS.COM),-                Sebagai langkah dan upaya pemerintah dalam pencegahan dan mengatasi lonjakan angka penyebaran Virus Covid-19, Pemerintah Desa Jetis bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten melalui Puskesmas Delanggu melaksanakan pelayanan vaksinasi bagi warga baik yg usia lanjut dan warga yang siap menerima suntikan vaksin tersebut.

Adapun jumlah warga yang divaksin berjumlah 130 orang, meliputi 50 warga yang divaksin tahap pertama dan 80 orang vaksin tahap kedua. Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 08.30 WIB bertempat di aula kantor desa, Senin (21/06/2021).

Kepala Desa Jetis Drs. E. Rudi Purwanto pada giat tersebut mengatakan, bahwa hari ini dilaksanakan vaksinasi Covid-19 bagi warga untuk tahap satu dan dua (lanjutan).

Vaksinasi hari ini ada 130 orang sesuai undangan bagi kaum lansia dan warga di desa Jetis dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan 5M.

“Vaksinasi Lansia dan warga ini di laksanakan oleh Petugas Puskesmas Delanggu sekitar 7 orang dibantu perangkat desa, kader Germas, petugas dari Koramil dan Polsek Delanggu serta pihak terkait dengan tetap menerapkan prokes ketat dalam masa PPKM Mikro seperti ini,” ujar Rudi Purwanto.

Menurutnya, berdasarkan data yang dimiliki, terdapat beberapa Lansia terdaftar di wilayah desa dan hari ini para lansia tersebut menerima vaksin lanjutan. “Saya mengucapkan terimakasih pada Pemkab Klaten, Dinas Kesehatan dan Instansi terkait untuk perhatian dan pelaksanaan vaksinasi di Desa Jetis,” lanjutnya.

Salah seorang warga desa setempat yang ikut menerima Vaksin Lansia mengatakan ikut vaksin agar sehat dan terbebas dari Virus Corona yang masih mewabah ini.

“Saya datang diantar anak saya dan juga ikut divaksin agar tubuh sehat dan tidak terserang Virus Covid-19,” katanya lirih.

Dan seperti pada tahapan yang sudah dilakukan, setelah disuntik vaksin para lansia dan warga diminta untuk menunggu waktu selang sekitar 30 menit untuk diketahui apakah vaksin yang diterimanya memiliki efek samping atau tidak. Jika tidak ada efek samping maka para penerima suntik vaksin tersebut menerima surat keterangan bahwa sudah mengikuti Vaksin Covid-19. Para lansia, bapak-ibu dan warga penuh antusias dan tertib mengantre untuk divaksin.

“Saya disuntik vaksin tadi tidak terasa sakit kok, saya kira belum disuntik ternyata sudah, sudah selesai,” seloroh seorang ibu.

Petugas dari Puskesmas Delanggu dr Gita Maera N dalam acara tersebut mengharapkan bahwa pelaksanaan Vaksinasi bagi lansia dan warga desa hari ini dapat berjalan lancar, dan semuanya bisa tetap sehat.

“Vaksin Lansia dan warga hari ini semoga bisa lancar dan semuanya sehat,” kata dr Gita Maera. (Dan)

Facebook Comments Box