JATENG, (M-RADARNEWS),-                 Sebanyak 14 desa yang tersebar di 11 kecamatan di Kabupaten Boyolali, pada Rabu (07/12/2022), menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Gelombang II Tahun 2022. Penyelenggaraan Pilkades di 14 desa tersebut menggunakan sistem elektronik atau e-voting.

Diungkapkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermasdes) Kabupaten Boyolali Yulius Bagus Triyanto, bahwa berdasarkan monitoring oleh tim pengendali kecamatan di 14 desa mengungkapkan penyelenggaraan Pilkades aman dan kondusif.

“Secara umum, pantauan dari tim pengendali kecamatan di 14 desa termasuk aman kondusif. Karena jauh jauh hari bekerjasama dengan pihak keamanan utamanya dari Polres dan Kodim 0724/Boyolali. Pelaksanaannya aman,” ungkap Yulius saat melakukan monitoring pelaksanaan Pilkadesa di Desa Manggis, Kecamatan Mojosongo.

Meski terkendala dalam hal teknis, namun pihaknya memastikan hal tersebut bisa teratasi dengan baik tanpa menimbulkan masalah. Dia berharap, kepala desa yang nanti terpilih betul betul mampu membawa masyarakat desa lebih sejahtera.

“Harapan kami berlangsung dengan aman, terpilih kepala desa yang baik, menjadi pilihan mayoritas desa tersebut, dan bisa meneruskan program program pembangnan, visi misi Bupati Boyolali dan juga bisa meningkatkan kemakmuran masyarakat dan menurunkan kemiskinan,” ujarnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kapolsek Mojosongo, AKP Tri Mulyono menerangkan, bahwa situasi masih aman dan kondusif dengan mengerahkan sebanyak 100 personil untuk mengamankan RPS di Desa Manggis, Kecamatan Mojosongo yang memiliki 4.872 daftar pemilih tetap (DPT) dan RPD di Desa Jurug, Kecamatan Mojosongo yang memiliki 3.600 DPT.

“Untuk pantauan saat ini, masih terlihat kondusif. Cuma agak terlihat ramai berjubel jubel karena mungkin DPT banyak,” jelasnya.

Salah satu warga Dukuh Jatiroto, Desa Manggis, Kecamatan Mojosongo, Rizki Ayu Vadia mengungkapkan, bahwa pemilihan kepala desa melalui system e-Voting dinilai cukup efisien dan menghemat waktu.

“Mudah dan cepat. Lebih baik evoting, lebih cepat lebih efisien,” katanya singkat.

Sebagai tambahan informasi, ada 14 desa di 11 kecamatan yang akan melaksanakan Pilkades dengan menggunakan sistem e-voting, pada Rabu (07/12/2022). Serta, ada satu desa yakni Desa Sendangrejo, Kecamatan Klego yang juga akan menggunakan sistem e-voting, pada Selasa (27/12/2022) mendatang.

Sebanyak 14 desa yang akan menggelar Pilkades yakni Desa Tarubatang di Kecamatan Selo, Desa Ngangrong di Kecamatan Gladagsari, Desa Kembangkuning dan Gubug di Kecamatan Cepogo, Desa Manggis dan Jurug di Kecamatan Mojosongo. Ada pula Desa Kopen dan Salakan di Kecamatan Teras, Desa Dukuh di Kecamatan Banyudono.

Selain itu, ada Desa Tegalrejo di Kecamatan Sawit, Desa Karanggatak di Kecamatan Klego, Desa Temon di Kecamatan Simo, Desa Manyaran di Kecamatan Karanggede dan Desa Kedungrejo di Kecamatan Kemusu. (rd/kf)

Facebook Comments Box