JATIM, (M-RADARNEWS.COM),- Rebo Pungkasan atau disebut juga Rebo Wekasan adalah kumpulan berbagai aktivitas islami untuk menyambut hari Rabu terakhir dari Bulan Safar. Acara Rebo Pungkasan yang digelar masyarakat di pantai Cacalan Lingkungan Sukowidi, Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi pada, Rabu, 7 November 2018.

Rebo pungkasan dianggap sebagai perayaan berlimpahnya ikan. Perayaan ini juga dianggap sebagai upaya menolak balak bagi para nelayan selama melaut. Aktivitas tersebut antara lain tahlilan (doa bersama), berbagi makanan baik dalam bentuk tumpengan maupun selamatan.

Dalam acara Rebo Pungkasan tersebut, Banyak acara kegiatan seni budaya yang ikut meramaikan kegiatan tersebut diantaranya, arak-arakan syukuran (tumpeng), tarian tradisional Banyuwangi dan seni Jaranan Muncul Budoyo (Mberan Lor).

Selaku Ketua Panitia penyelenggara Rino Setiawan mengatakan, acara Rebo Pungkasan yang digelar di Pantai Cacalan ini sudah rutin diadakan untuk setiap tahunnya. Kegiatan ini juga sudah ada sejak zaman dahulu, sampai sekarang masih diadakan karena sudah turun-temurun.

“Saya di support oleh Pokdarwis untuk menggelar acara kegiatan Rebo Pungkasan ini juga untuk mengingatkan kepada masyarakat kepada sang pencipta alam dan seisinya, begitu juga agar kita semua dijauhkan dari balak bencana ataupun musibah,” ungkap Rino, Rabu (7/11/2018) kemarin.

Ketua Karang Taruna M. Reza dalam sambutannya mengatakan, terlaksananya kegiatan ini adalah hasil dari kreasi bersama para remaja yang tergabung dalam Karang Taruna dan Pokdarwis.

“Kami sangat berterima kasih kepada remaja dan seluruh warga serta pemerintahan daerah yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini,” ungkapnya.

Selain itu, Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Widiatmoko mengatakan, acara kegiatan Rebo Pungkasan ini sebagai hari Rabu terakhir dari Bulan Safar, serta mau menyambut ke bulan Maulid. Dalam kegiatan ini sudah menjadi kebiasaan bagi teman-teman di Pantai Cacalan agar tetap melestarikan Seni dan Budaya Banyuwangi.

Hadir pula tamu undangan dalam kegiatan tersebut diantaranya, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi, Dinas Lingkungan Hidup (DKP) Banyuwangi, Camat/Lurah, Kapolsek Kalipuro, Koramil dan Danlanal. (Yudha/Tim)

Facebook Comments Box