JATIM, (M-RADARNEWS.COM),-          Update data perkembangan Covid-19 di Kabupaten Banyuwangi per hari ini, Minggu (16/08), terdapat adanya penambahan satu pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Bersamaan juga dilaporkan terdapat adanya satu pasien dinyatakan sembuh dari infeksi virus corona (Covid-19).

”Sehingga sejak Maret 2020 sampai hari ini ada 98 kasus positif, sudah sembuh 65 orang, yang masih dirawat ada 30 orang, dan meninggal 3 orang,” kata Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr Widji Lestariono, Minggu (16/08/2020).

dr Rio, panggilan akrab dr Widji Lestariono menjelaskan, bahwa pasien yang telah dinyatakan sembuh adalah pasien konfirm 58. Dia adalah seorang pria (30) asal Kecamatan Banyuwangi.

“Dia dinyatakan positif terinfeksi virus corona per 1 Agustus 2020 lalu. Seiring dengan kondisi klinisnya yang semakin membaik, hari ini yang bersangkutan dinyatakan sembuh,” katanya.

Sementara pasien konfirmasi baru ini adalah seorang perempuan berusia 39 tahun berdomisili di Kecamatan Blimbingsari.

“Pasien 98 ini ada riwayat dari bali. Dia bekerja di Bali. Pulang ke Banyuwangi akhir Juli lalu, lalu melakukan rapid test hasilnya reaktif. Oleh tim kesehatan, yang bersangkutan lalu diambil swabnya, dan hasilnya dinyatakan positif terinfeksi corona,” jelas dr Rio.

Saat ini, lanjut dr Rio, pasien tersebut tengah menjalani perawatan lebih lanjut di salah satu rumah sakit. “Kontak erat pasien telah kami telusuri untuk kami periksa lebih lanjut,” ungkapnya.

Pemkab bersama seluruh stake holder saat ini terus fokus menangani pandemi COVID-19 melalui pendekatan perubahan perilaku masyarakat.

dr Rio menambahkan implementasi perubahan perilaku untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 tersebut adalah lewat disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Perubahan perilaku disiplin protokol kesehatan akan menjadi kekuatan masyarakat

“Kalau kita bisa melakukan perilaku dengan konsisten menjaga kedisiplinan serta patuh pada protokol kesehatan maka kita akan mampu memutus mata rantai penularan,” pungkas dr Rio. (hm/*)

Spread the love