JATIM, (M-RADARNEWS.COM),-        Badan Pusat Statistik (BPS) mensosialisasikan cara pengisian sensus penduduk secara online pada organisasi perangkat daerah (OPD) salah satunya di Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Timur, Rabu (11/03/2020).

Kepala Seksi Diseminasi dan Layanan Statistik BPS Jatim, Nasruddin, S.si, M.Si., mengatakan, sensus ini berlangsung mulai 15 Februari sampai 31 Maret 2020 dan meminta seluruh warga untuk berpartisipasi aktif dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Bagi ASN diharapkan untuk berpatisipasi dalam mengisi data sensus penduduk online,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakannya, BPS melaksanakan sensus penduduk 2020 untuk mendukung program pemutakhiran data administrasi kependudukan. Sensus penduduk ini dilakukan tiap 10 tahun, untuk sekarang ini ada sedikit perbedaan dengan sensus sebelumnya.

“Sensus tahun yang lalu dilakukan petugas turun langsung ke masyarakat. Sedangkan untuk tahun 2020 dilakukan secara online,” katanya.

Dikatakannya, sensus penduduk onlime menggunakan dua metode, yakni pada 15 Februari sampai 31 Maret 2020, masyarakat bisa mengisi sendiri.

“Diharapkan dengan metode on line ini masyarakat bisa berpartisipasi secara langsung. Bagi mahasiswa bisa dilakukan di area kampus, karena banyak anak kos yang tidak terdeteksi atau didata oleh petugas,” tambahnya.

Sedangkan pada periode 1 Juni hingga 31 Juli 2020 dilakukan dengan metode wawancara. “Jadi penduduk yang belum berpartisipasi secara online akan didatangi oleh petugas BPS,” pungkasnya. (tim/jnr/kmf)

Spread the love