BALI, (M-RADARNEWS.COM),- Presiden Joko Widodo Opening Plenary Pertemuan Tahunan IMF-World Bank di Nusa Dua Bali. Presiden Jokowi juga mengingatkan pimpinan ekonomi dari 189 negara pada sidang pleno Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 di Bali bahwa kerja sama dan kolaborasi global perlu dikedepankan dalam menghadapi volatilitas eksternal seperti saat ini.

Presiden menggarisbawahi bahwa dunia tidak perlu seperti alur skenario film Game of Thrones yang hanya mengedepankan kompetisi dan rivalitas. Perebutan kekuasaan antar para great houses, menurut Jokowi bagaikan sebuah roda yang berputar. Seiring perputaran roda, satu great houses tengah berjaya sementara house yang lain tengah menghadapi kesulitan.

“Tidak ada artinya kemenangan yang dirayakan ditengah kehancuran. Tidak ada artinya jadi ekonomi yang terbesar di antara ekonomi dunia yang tenggelam,” ujar Presiden Jokowi di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Jumat (2/10/2018).

Presiden mengatakan perlunya menjaga komitmen kerja sama global. Skenario film Game of Thrones berakhir dengan pesan moral bahwa konfrontasi akan membawa masalah bagi semua, baik yang kalah maupun yang menang.

Hubungan antara negara-negara maju saat ini terlihat seperti Game of Thrones, menurut Presiden. Ibarat alur cerita film tersebut, kompetisi antara kekuatan besar untuk menjatuhkan sesamanya membuat mereka tidak sadar akan adanya ancaman global yang ada di depan mata.

Ditambahkan Presiden Joko Widodo, kerja sama ekonomi selama ini telah membuka banyak kesempatan bagi dunia. Ancaman global hanya bisa ditangani jika kita bekerja sama.

“Apakah ini saat yang tepat untuk mengedepankan rivalitas dan kompetisi ataukah ini waktu yang tepat untuk kerjasama dan kolaborasi?” ujarnya.

Presiden Joko Widodo mengingatkan waktu sudah sangat mendesak untuk berkolaborasi secara global. “Segenap pembuat kebijakan global harus berkontribusi untuk mencari kebijakan moneter dan fiskal yang tepat untuk menghadapi ketidakpastian global, paparnya.

Di akhir sambutan, Jokowi kembali menyambung analogi Game of Thrones yang tahun ini memasuki ‘seasons terakhir’ atas pertarungan ekspansi ekonomi global yang penuh rivalitas dan persaingan.

“Saya berharap saudara-saudara semua pembuat kebijakan moneter dan fiscal dunia menjaga komitmen kerjasama global. Bisa jadi situasinya lebih genting dibandingkan krisis finansial global sepuluh tahun yang lalu,” jelas Presiden Jokowi. (Yd/Tim)

Facebook Comments Box