M-RADARNEWS.COM, JATENG – Bupati Klaten Sri Mulyani sekaligus selaku Inspektur Upacara secara langsung membuka TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I, berlangsung di Desa Bero, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten, pada Selasa (20/02/2024).

Acara pembukaan TMMD dihadiri Forkopimda, Asisten, Kepala OPD, Forkopincam Tulung, Kades Beji, Persit, TP PKK, Kades se Kecamatan Trucuk, TNI/Polri, Dishub, Satpol PP, Relawan, Ormas, pelajar, dan tokoh masyarakat.

Sebelum acara upacara dimulai, Bupati Klaten Sri Mulyani melakukan pemeriksaan pasukan dan menyerahkan alat kerja kepada tenaga kerja.

Dalam sambutannya, Bupati Klaten Sri Mulyani mengapresiasi pelaksanaan TMMD Sengkuyung karena dilaksanakan secara konsisten di Kabupaten Klaten.

“TMMD yang akan kita isi dengan betonisasi jalan, talud, serta berbagai macam penyuluhan adalah sarana kita untuk menjaga tujuan pokok yakni membangun keutuhan bangsa,” ujar orang nomor satu di Kabupaten Klaten itu.

Sri Mulyani berharap dapat terjalin hubungan baik antara Pemerintah, TNI, Polri dan masyarakat. Ia juga berharap semoga kegiatan TMMD ini bermanfaat untuk masyarakat.

“Dengan TMMD ini menjadi upaya kita kembali merajut nasionalisme. Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh Forkopimda, TNI, POLRI, seluruh unsur komponen rakyat Kabupaten Klaten yang tentunya berpartisipasi dalam TMMD ini dan dalam membangun Kabupaten Klaten yang semakin maju, mandiri, dan sejahtera,” jelas Sri Mulyani.

Sementara Perwira Pelaksana Budiyono melaporkan, bahwa latar belakang terpilihnya sasaran TMMD Desa Bero karena terbatasnya akses jalan antar desa sehingga menghambat akses pertanian dan perekonomian.

Ia menyebut, adapun sasaran pokok betonisasi jalan panjang 373 meter, lebar 3,5 meter, dan tebal 15 centimeter, pembangunan talud panjang 710 meter, lebar 35 centimeter, dan tinggi 0,8 meter.

Budiyono menjelaskan, juga terdapat sasaran non fisik yakni Penyuluhan Wawasan Kebangsaan, Penyuluhan Berita Hoax, Penyuluhan Narkoba, Penyuluhan KB Kesehatan, dan Pelayanan Dukcapil.

”Pelaksanaan kegiatan ini (TMMD Tahap II)dilaksanakan dari tanggal 20 Februari 2024 hingga 20 Maret 2024,” jelasnya.

Dia menambahkan, tenaga kerja yang melaksanakan pengerjaan setiap hari yakni TNI 30 orang, Polri sejumlah dua orang, Teknisi satu orang, Aparat Desa sejumlah lima orang, masyarakat sejumlah 45 orang, dan jumlah keseluruhan 83 orang.

Acara pembukaan ditandai dengan penandatanganan prasasti berita acara oleh Bupati Klaten dan Komandan Kodim 0723 Klaten. Kemudian, Bupati Klaten melakukan pemukulan gong didampingi Forkopimda sebagai tanda TMMD Sengkuyung tahap I di Desa Bero, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten. (red/*)

Spread the love