JATENG, (M-RADARNEWS),-               Menjelang Natal dan Tahun Baru 2023, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mulai mengecek persiapan infrastruktur pendukung. Salah satunya kesiapan Tol Semarang-Demak Seksi II yang belum lama ini di uji laik fungsi (ULF).

Pengecekan dilakukan Ganjar di sela kunjungan kerjanya ke daerah, Rabu (07/12/2022). Mantan anggota DPR itu disambut Kepala Dinas PU, Bina Marga dan Cipta Karya Hanung Triyono, dan perwakilan Dishub.

“Saya mau ke Pati, jadi karena kemarin kita tutup lagi untuk membereskan di seksi II saya memantau arus lalu lintasnya,” tutur Ganjar.

Gubernur datang dari arah Semarang, melihat lalu lintas dalam keadaan ramai lancar. Tidak ada kemacetan parah seperti pada beberapa pekan lalu.

“Ternyata jembatan Wonokerto cukup membantu. Jadi artinya ketika kemarin dalam kondisi macet luar biasa ini dibuka, sangat membantu,” katanya.

Dari kondisi lalin yang membaik, Ganjar menuturkan, Tol Semarang-Demak Seksi II saat ini kembali ditutup untuk finishing. Beberapa sarana prasarana pendukung akan dirampungkan sebelum 15 Desember mendatang.

“Sekarang arus lalu lintasnya sudah jalan sudah bagus, kita perbaiki lagi di sini untuk dibereskan. Jadi pemberesannya PJU, lampu tambahan, CCTV yang kurang, dan tes loading,” kata Ganjar.

Dikatakan, pemberesan itu akan dipercepat. Harapannya setelah 15 Desember, Tol Semarang-Demak sudah bisa dioperasionalkan kembali untuk Nataru.

“Mudah-mudahan tanggal 15 sudah bisa dibuka kembali, sehingga Nataru sudah siap. Tadi saya coba lewat dari sana sampai dengan titik pintu masuk tol ini, alhamdulillah lalu lintas lancar, yang kemarin mengerikan itu bisa terurai. Nah, mudah-mudahan finishing-nya nanti bisa lebih bagus,” tandasnya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, tampak para pekerja melakukan pemberesan di sepanjang Tol Semarang-Demak Seksi II. Gate exit Tol Demak juga tampak lebih meriah, dengan penambahan ikon Demak di bagian atasnya.

Seperti diketahui, Tol Semarang-Demak memiliki total panjang 26,7 kilometer dan terbagi menjadi dua seksi. Seksi 1 (Semarang-Sayung) sepanjang 10,69 kilometer dan Seksi 2 (Sayung-Demak) sepanjang 16,31 kilometer. (hm)

Facebook Comments Box