BALI, (M-RADARNEWS.COM),- Untuk mencegah sekaligus mengecek personelnya terbebas dari Narkoba, Kodim 1626/Bangli menggelar tes urine. Tes urine dilaksanakan seusai apel pagi di Aula Makodim 1626/Bangli, Selasa (18/9/2018).

Sebelum pelaksanaan tes urine dilaksanakan sosialisasi oleh Kepala BNNK Gianyar, AKBP Sang Gede Sukawiyasa S.I.P., M.M., dengan materi pengetahuan tentang Narkoba dan akibat penyalahgunaannya.

Menurut Dandim 1626/Bangli, Letkol Cpn Andy Pranoto M.Sc., mengatakan, tes urine ini merupakan bagian dari program Kodim dalam pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan serta peredaran gelap Narkoba.

Tes urine ini dilakukan secara acak kepada Personel Kodim, jajaran Koramil oleh personel BNNK Gianyar. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kemungkinan adanya anggota TNI yang terlibat Narkoba.

Menurutnya, pelaksanaan tes urine tersebut merupakan upaya internal Kodim dalam mencegah dan memberantas Narkoba di tubuh TNI. Kegiatan ini akan dilakukan rutin terhadap semua Prajurit dan PNS di jajaran Kodim. Semua ini kita lakukan untuk memastikan bahwa anggota TNI tidak terlibat atau bermain-main dengan Narkoba.

“Jika ditemukan maka tidak ada ampun akan diproses sesuai hukum yang berlaku bahkan bisa sampai pemecatan dari dinas di TNI,” tegas Dandim.

Dari hasil tes urine hasilnya negatif tidak ada Personel Kodim 1626/Bangli yang terindikasi menyahgunakan Narkoba.

Sementara itu, Kepala BNNK Gianyar mengucapkan terima kasih kepada anggota Kodim 1626/Bangli atas kehadiran dan partisipasinya dalam acara sosialisasi ini.

Menurutnya, dalam memerangi Narkoba tidak bisa bekerja sendiri maka diharapkan kepada TNI/Polri, steak holder ataupun warga masyarakat turut serta bekerja sama dalam memerangi Narkoba yang marak ada di masyarakat.

Peredaran Narkoba sangat rentan dan banyak terjadi di kalangan remaja pada usia produktif maka diharapkan kepada warga dan steak holder untuk betul-betul dapat mengawasi anak dan keluarga agar menjauhkan diri dari Narkoba.

Dia juga menyampaikan apresiasi dari hasil tes yang dilaksanakan di Kodim 1626/Bangli, tidak ada anggota terindikasi menggunakan Narkoba. (Tim)

Facebook Comments Box