JATENG, (M-RADARNEWS.COM),-            Gugus Tugas (Gustu) Covid-19 Desa Kedungan, Kecamatan Pedan melakukan razia masker yang ke lima kalinya. Pada putaran ini jadwal dilaksanakan di arah jalan Kedungan – Pedan, Kamis (22/10/2020).

Dalam kegiatan ini, Satgas Covid-19 Desa Kedungan menggandeng Satgas Covid-19 Kecamatan Pedan yang didukung oleh jajaran Polsek Pedan, Anggota Koramil, Kasie Trantib Kecamatan, Petugas Puskemas, Perangkat Desa serta relawan menggelar razia tersebut mulai pukul 08.00 WIB hingga selesai.

Kepala Desa Kedungan Bambang Sukopolo mengatakan, kegiatan ini terus dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19 di wilayahnya serta menyadarkan masyarakat akan pentingnya menggunakan masker disaat pandemi seperti ini.

“Memakai masker merupakan salah satu cara yang efektif untuk mencegah penyebaran Covid-19,” ujar Bambang.

Sementara itu, Camat Pedan Marjana menjelaskan, kegiatan operasi masker ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan di wilayahnya secara terjadwal dan berkala.

“Tujuannya untuk menertibkan masyarakat agar protokol kesehatan selalu dilaksanakan. Meski masih ada ditemui orang yang melanggar tidak memakai masker,” tuturnya.

Marjana menambahkan, walaupun masyarakat sudah disiplin menaati protokol kesehatan, tapi akan terus diadakan pembinaan rutin agar masyarakat sadar dan menjadi kebiasaan baru untuk selalu memakai masker.

“Kami ada jadwal yang rutin untuk kegiatan seperti ini, kalau tidak nanti kadang kita bisa kecolongan,” tandasnya.

Mengenai sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan, Dia menyebutkan, sesuai dengan Perbup 40/2020 sanksinya penahanan identitas diri (KTP) dan kerja sosial. Dalam giat operasi masker ini petugas menjaring 22 orang tidak bermasker dan memberikan sanksi kepada pelanggar dengan menghapal Sila-Sila dari Pancasila.

Ia berharap pemakaian masker menjadi kebiasaan baru bagi masyarakat, sehingga masyarakat ikut berperan aktif dalam pencegahan Covid-19. Salah satunya adalah dalam penggunaan masker secara tertib apalagi di ruang terbuka.

Hasil dari operasi masker di Desa Kedungan, Pedan tersebut petugas menemukan beberapa pelanggaran pengguna jalan tidak memakai masker dengan alasan karena lupa dan ketinggalan di rumah. (Dan)

Facebook Comments Box