JATIM, (M-RADARNEWS),- Selama empat hari, yakni mulai tanggal 21-24 Mei 2018 Dinas Pendidikan Kota Surabaya (Dispendik) mulai membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk jenjang SD negeri se-Surabaya. Pendaftaran dimulai pukul 08.00 s/d pukul 16.00 baik melalui online ataupun melakukan pendafataran ke sekolah yang dituju.

“Untuk jenjang SD masyarakat dapat mengakses pada laman http://sd.ppdbsurabaya.net/”, ungkap Sudarminto Kepala Bidang Sekolah Menengah yang juga sekaligus panitia PPDB Surabaya 2018, Senin (21/5).

Ia mengutarakan, untuk tahun pelajaran 2018/2019 ini ada beberapa penyesuaian yang perlu diperhatikan oleh orang tua/wali calon peserta didik, yakni calon peserta didik akan diseleksi berdasarkan usia dan kedekatan tempat tinggal dengan lokasi sekolah secara elektronik.

Selanjutnya, calon peserta didik yang bukan warga Kota Surabaya diberi kesempatan untuk sekolah SD Negeri di Surabaya dengan pagu 1 % (satu prosen) baik dari pagu kota maupun pagu sekolah.

“Usia juga menjadi pertimbangan semakin matang usia anak, maka peluang lolos juga akan semakin besar, terang Sudarminto.

Mantan Kepala SMAN 16 Surabaya tersebut menegaskan bahwa seluruh proses pendaftaran baik pada jenjang SD maupun SMP gratis. Menurutnya, yang menjadi persyaratan masuk SD negeri hanya memerlukan dua dokumen yaitu akta kelahiran dan Kartu Keluarga (KK).

“Jika ada hal yang tidak sesuai di lapangan masyarakat dapat melaporkannya ke Dispendik”, ujar pria berkacamata minus tersebut.

PPDB SD Negeri dengan konsep semi online ini kami jadikan basis pelayanan dan akan kami terus tingkatkan, sehingga diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi orang tua dalam melakukan pendaftaran, memperoleh informasi dan pemantauan hasil olahan data pendaftaran.

Masyarakat dapat melakukan pemantauan dari rumah dan di SD Negeri yang siap membantu serta di semua lokasi yang memiliki akses internet dalam jangka waktu yang ditentukan. Dispendik juga terus berupaya dalam mambantu dan mempermudah masyarakat dalam melakukan pendaftaran. Dua mekanisme yang dilakukan melalui penyederhanaan cara pendaftaran lewat internet di lokasi SD Negeri yang dituju tanpa mengisi formulir pendaftaran lebih dahulu, kemudian menyediakan tenaga-tenaga entry yang siap membantu orang tua/wali calon peserta didik untuk melakukan pendaftaran di lokasi SD Negeri diseluruh wilayah Kota Surabaya. (Tim)

Facebook Comments Box