Site icon www.m-radarnews.com

Hingga 17 Maret 2020, Jubir Yuri: Total Jumlah 172 Pasien Positif Covid-19, Jadi Bertambah 38 Orang

JAKARTA, (M-RADARNEWS.COM),-      Juru bicara (Jubir) Pemerintah untuk Penanganan Virus Korona (Covid-19), Achmad Yurianto menyebutkan, hingga hari ini, Selasa, 17 Maret 2020 bahwa total jumlah pasien positif Covid-19 hingga sekarang mencapai 172 orang sehingga jumlah pasien positif Covid-19 bertambah 38 orang.

Yuri mengatakan, penambahan kasus tersebut diterimanya pada malam hari tanggal 15 Maret sebanyak 12 kasus, dan tanggal 16 Maret sebanyak 20 orang, serta ditambah 6 orang dari hasil pemeriksaan Universitas Airlangga.

”Sehingga total saat ini adalah 172 kasus,” katanya pada Konferensi Pers di Gedung BNPB, Selasa (17/03/2020).

Penambahan pasien positif Covid-19 tersebut kebanyakan dari DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Kepulauan Riau. Sebelumnya Yuri menyebut jumlah pasien positif Covid-19 yang meninggal adalah 5 orang sehingga tidak ada perubahan hingga saat ini.

“Penambahan jumlah pasien positif Covid-19 terbanyak adalah dari DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Kepulauan Riau,” ungkapnya.

Secara umum kondisi 172 pasien sudah membaik dan dari keseluruhan 9 di antaranya dinyatakan sembuh dan masih ada beberapa orang lagi yang akan dilakukan pemeriksaan kedua.

”Beberapa pasien yang sudah kami lakukan pemeriksaan di awal sudah ada 9 orang yang dinyatakan sembuh dan bisa pulang, dan masih ada beberapa orang lagi yang harus dilakukan pemeriksaan kedua,” ujarnya.

Ia menambahkan, karena pemeriksaan pertama yang dilaksanakan hari ini dan kemarin sudah negatif maka tinggal menunggu interval dua hari lagi untuk kami laksanakan pemeriksaan. Apabila ini negatif juga maka sudah bisa dipulangkan.

227 RS Disiapkan

Sementara itu, Pemerintah menyiapkan 227 rumah sakit untuk perawatan Pasien Covid-19 seiring makin bertambahnya jumlah kasus pasien yang positif di Indonesia.

”Sesuai dengan arahan yang disampaikan oleh presiden bahwa 109 RS milik TNI, 53 RS Polri, dan 65 RS BUMN sudah siap untuk melaksanakan perawatan penderita Covid-19,” kata Jubir Pemerintah untuk Covid-19.
Salah satu RS yang berpartisipasi adalah RS Pertamina yang mendedikasikan seluruh ruangannya untuk pasien kasus Covid-19 dan hingga saat ini sudah ada 172 kasus pasien positif Covid-19 yang terbanyak di DKI Jakarta.

”Dari 172 ini terbanyak di DKI. Kita maklumi bahwa pintu gerbang masuk (orang dari berbagai daerah) ke DKI cukup besar. Kemudian mobilitas penduduk sangat tinggi, dan kemungkinan terjadinya kontak dari kasus-kasus positif yang kita dapatkan juga cukup besar,” bebernya.

Didapatkannya banyak kasus pasien positif Covid-19 di Jakarta merupakan hasil dari tracing kontak pasien positif yang dilakukan oleh jajaran Dinkes DKI dengan dibantu oleh unsur kepolisian dan Pemda.

Dari banyaknya kasus Covid-19 itu tidak semua pasien dirawat di rumah sakit, Jubir Covid-19 mengatakan masih puluhan kasus yang hasil pemeriksaannya negatif yang diminta untuk self isolated.

”Dari seluruh kasus ini sudah barang tentu yang kita curigai tidak seluruhnya kami rawat di RS. 172 pasien adalah kasus yang dirawat di RS, sementara ada puluhan lagi yang hasilnya masih negatif tapi gejalanya tidak terlalu berat kami minta melakukan self isolated di rumah,” kata Yuri.

 

Sumber Berita: Kementerian Kesehatan (Kemeskes)

Spread the love
Exit mobile version