BALI, (M-RADARNEWS.COM),- Dalam rangka HUT TNI ke-73 tahun 2018, Kodam IX/Udayana bersama PLN Distribusi Bali menggelar acara karya Bhakti Sosial (Baksos) di Desa Toya Bungkah, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Jumat (28/9/2018).

Acara Bhakti Sosial (Baksos) diikuti oleh berbagai elemen diantaranya, unsur dari TNI AD, AL, AU dan Sipil dari Lingkungan Kodam IX/Udayana, unsur Polri dari Polres Bangli, 700 TNI/Polri dan 150 Anak Sekolah, serta 250 dari Masyarakat Desa Batur.

Adapun berbagai acara yang dilaksanakan diantaranya, Penanaman pohon Cempaka 100 dan Ampupu 900, Pengobatan umum di Desa Seked, Pembersihan Lingkungan Pura Jati, Banjar Toya Bungkah, Desa Batur, Kec. Kintamani, penyerahan secara simbolis bedah rumah kerjasama Kodam IX/Udayana dengan PLN Distribusi Bali diserahkan kepada Bapak Murah, dari Desa Penaga Landeh, Pengotan, Bangli dan Relly motor trail berjumlah 30 dari TNI, 15 Polri dan 10 dari partisipasi masyarakat, untuk rute dari toya bungkah – Seket – Larva Hitam (Gunung Batur).

Pangdam IX/Udayana, Mayor Jenderal TNI Benny Susianto dalam sambutannya mengatakan, dengan terpilihnya Pura Jati di Desa Toya Bungkah sebagai tempat kegiatan Karya Bhakti TNI dalam rangka HUT TNI ke-73 tahun 2018 sangat tepat. Oleh karena itu, selain ditempat ini tandus, juga dapat melestarikan lingkungan di wilayah ini, apa lagi wilayah ini juga yang sering terjadi bencana, agar kembali menjadi hijau dan bersih.

“Dengan adanya penghijauan yang dilaksanakan ini diharapkan dapat membantu menjaga kelestarian lingkungan, sehingga tidak mudah longsor dan sekaligus mempertahankan ketersediaan air tanah di daerah ini. Setelah itu, untuk jangka panjangnya kegiatan penghijauan ini selain dapat mengurangi pemanasan global atau juga bisa mengurangi pencemaran udara,” ujarnya.

Sementara itu, GM PLN Distribusi Bali, Nyoman Suwarjoni Astawa dalam sambutannya menyampaikan, bahwa terkait acara Karya Bhakti “Kami dengan senang hati melakukan kerjasama karena PLN bukan hanya bertanggung jawab untuk ketersediaan penerangan bagi Bali tapi juga membantu masyarakat dalam kegiatan sosial seperti bedah rumah dan lainnya,” ucapnya.

Untuk bedah rumah veteran kali ini, menurut Nyoman Suwarjoni adalah bagian dari panggilan nurani untuk menghargai pejuang yang telah memerdekakan bangsa dan tanah air kita. “Sebagai generasi penerus kita wajib menghargai para veteran atas jasa dan pengabdian mereka kepada negara kita,” imbuhnya.

Di waktu yang sama, Bupati Bangli I Made Gianyar menambahkan, bahwa Tuhan menciptakan terlebih dahulu daratan, lalu tumbuhan, binatang-binatang dan kemudian terakhir manusia. Karena itu kita wajib memuliakan alam yang telah memberi kita manfaat yang besar yang diciptakan Tuhan. Karena itu kegiatan penanaman pohon merupakan salah satu bentuk pemuliaan alam dan keikutsertaan kita dalam mengurangi pemanasan global. Saya selaku Bupati Bangli, saya mengucapkan terima kasih banyak kepada Bapak Pangdam dan jajarannya atas kegiatan Bhakti sosial pada hari ini,” ujarnya singkat.

Dihadiri Bupati Bangli, Made Gianyar, Kajari Bangli, Nur Handayani, SH. MH., Dan Kodiklat Mabes TNI AD, Letjen TNI Herindra, General Manager PLN Distribusi Bali, Nyoman Suwarjoni Astawa, Waka Polres Bangli, Kompol I Ketut Gelgel, S.Sos., para Dandim se-Bali dan para seluruh jajaran TNI Kodam IX/Udayana. (Yd/Tim)

Facebook Comments Box