M-RADARNEWS.COM, JATENG – Jalan tol Solo-Yogyakarta ruas tol Kartasura Sukoharjo-Ngawen, Klaten siap dilalui pengguna jalan saat arus mudik Lebaran nanti. Jalan itu dibuka secara fungsional untuk perjalanan mudik dan balik Lebaran 2024.

Manajer Humas dan Umum PT Jasamarga Jogja Solo Rachmat Jesiman menyampaikan, pihaknya akan membuka tol secara fungsional saat arus mudik nanti.

“Kami akan membuka tol secara fungsional sepanjang 22 kilometer dari Kartasura (Sukoharjo) sampai Ngawen (Klaten),” kata Rachmat, saat pantauan tol Solo-Yogyakarta di Karanganom, Klaten, seperti dilansir, Kamis (28/03/2024).

Menurutnya, tol fungsional mulai dilakukan pada 5-11 April 2024 untuk arus mudik. Kemudian, pada 12-15 April 2024 untuk arus balik. Waktu fungsional tol mulai pukul 06.00 hingga 17.00 WIB.

Mengingat tol masih dalam masa konstruksi, pihaknya juga membatasi kecepatan kendaraan saat melaju di tol, yaitu 40-50 kilometer/ jam. Secara keseluruhan, kesiapan tol dalam menghadapi fungsional mencapai 85 persen.

“Untuk Lebaran kali ini secara fungsional, kendaraan yang melalui tol masih gratis dalam pelayanannya,” jelas Rachmat.

Ia menerangkan, selama pemberlakuan fungsional tol tersebut, disiagakan beberapa kendaraan petugas untuk mengatur lalu lintas agar tidak terjadi kemacetan.

Ditambahkan, ada sejumlah keuntungan yang didapatkan pemudik saat melintasi tol, yaitu pemudik bisa menikmati pemandangan, serta mempersingkat waktu tempuh perjalanan.

“Kalau lewat arteri Kartasura ke Klaten bisa sampai 50 menit, tapi kalau lewat tol fungsional bisa 25 menit. Jadi bisa terpangkas 25 menit,” bebernya.

Bila nanti terjadi penumpukan kendaraan, Rachmat menerangkan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan instansi terkait guna kelancaran arus lalu lintas.

Pihaknya mengimbau pula kepada pemudik, untuk mengecek kendaraan terlebih dahulu sebelum melintasi tol. Selain juga menjaga stamina diri, tetap taati arus lalu lintas dan ikuti arahan petugas.

“Pemudik yang ingin berhenti sudah disiapkan rest area di kilometer 19. Pemudik bisa berhenti di sana. Dengan waktu istirahat (dibatasi) 30 menit di rest area,” pungkasnya. (red/*)

Spread the love