BALI, (M-RADARNEWS.COM),- Dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika TNI-AD (Hari Infanteri) ke-73 tahun 2018 yang jatuh pada tanggal, 15 Desember 2018, jajaran TNI-AD Kodam IX/Udayana menggelar upacara peringatan dan syukuran yang digelar di Lapangan Gor Praja Raksaka, Kepaon, Denpasar.

Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto dalam sambutan amanat Kepala Staf Angkatan Darat dan pribadi menyampaikan “Selamat Hari Juang Kartika 2018”, kepada segenap Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil TNI AD beserta keluarga, teriring ucapan“ terima kasih yang tulus dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pengabdiannya selama ini.

Dengan mengusung tema Hari Juang Kartika tahun 2018 yaitu, “TNI Angkatan Darat Mengabdi dan Membangun Bersama Rakyat” sangat tepat merepresentasikan komitmen prajurit TNI AD dalam mengemban amanat perjuangan rakyat untuk membela kepentingan seluruh rakyat Indonesia.

Lebih lanjut Pangdam IX/Udayana menceritakan, untuk torehan tinta emas peristiwa Palagan Ambarawa dalam sejarah perjuangan Bangsa Indonesia menunjukkan kesemestaan perjuangan kemerdekaan yang melibatkan para pemuda serta masyarakat Ambarawa melawan kekuatan kolonial Belanda.

Dengan semangat patriotisme dan nasionalisme yang dibungkus dengan keberanian keikhlasan, serta kerelaan berkorban, dalam menghadapi musuh yang jauh lebih kuat, mampu menghantarkan para pejuang bersama rakyat mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Selaku generasi penerus, kita wajib menjadikan semangat kemanunggalan TNI dan rakyat tersebut sebagai’ pendorong pengabdian kita dalam menghadapi tantangan masa depan yang semakin kompleks serta dinamis.

“Saya mengajak agar momentum peringatan Hari Juang Kartika kita manfaatkan untuk melakukan introspeksi serta koreksi diri dan selanjutnya menatap lurus ke depan guna memantapkan langkah bersama guna mewujudkan TNI AD yang Kuat, tangguh, modern dan profesional,” ungkap KSAD yang disampaikan Pangdam IX/Udayana, Sabtu (15/12/2018).

Selain itu, Pangdam IX/Udayana juga mengatakan, bahwa ada beberapa serangkaian kegiatan yang sudah dilaksanakan dalam memperingati Hari Juang Kartika 2018 diantaranya, Kerja Bakti membersihkan lingkungan pura Lempuyang di Karangasem, dan turut membangun kembali rumah tidak layak huni milik veteran.

Pembangunan rumah itu dilakukan di beberapa wilayah kesatuan Kodam IX/Udayana, diantaranya di Bali sebanyak 19 unit rumah, di NTB 20 rumah, dan di NTT sebanyak 3 unit. Pembangunan rumah bagi veteran ini merupakan bagian dari apresiasi dan penghargaan yang diberikan kepada para veteran yang telah berjasa dalam berjuang untuk kemerdekaan bangsa Indonesia. (Yd/*)

Facebook Comments Box