JATENG, (M-RADARNEWS.COM),-            Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten bersama dengan Polres Klaten dan Kodim 0723/Klaten menggelar Rapat Koordinasi Terkait Lonjakan Covid-19 Kabupaten Klaten di Pendopo Pemkab Klaten, Rabu (30/06/2021) siang.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Klaten Sri Mulyani menyampaikan, bahwa sesuai dengan instruksi Gubernur Jawa Tengah, saat ini Kab. Klaten perlu menambahkan fasilitas tempat tidur di setiap rumah sakit rujukan Covid-19 dan perawatan ruang ICU. Hal ini dikarenakan kondisi tempat tidur dan ruang ICU telah terisi penuh.

Selain itu, Sri Mulyani juga menyampaikan, bahwa RSUD Bagas Waras akan menjadi rumah sakit rujukan Covid-19 dengan kapasitas 604 bagi pasien Covid-19 dan 408 bagi pasien umum.

Dengan adanya lonjakan kasus yang terjadi selama 6 hari kebelakang, jajaran Pemerintah Daerah perlu memberikan perhatian khusus dengan mengambil tindakan cepat khususnya melakukan identifikasi dan pemaksimalan lokasi isolasi terpusat yang jauh dari pemukiman warga di setiap kecamatan. Hal tersebut diharapkan masyarakat yang dinyatakan positif Covid-19 tidak melakukan kontak erat dengan masyarakat lain.

Selanjutnya Sri Mulyani kembali berpesan supaya kerjasama antar seluruh lapisan masyarakat terus dilaksanakan dengan memanfaatkan sistem gotong royong. Beliau juga meminta kepada seluruh Camat supaya mengumpulkan Kepala Desa di setiap Kecamatan untuk terus melakukan sistem “jogo tonggo”.

Dandim 0723/Klaten, Joni Eko Prasetyo mengatakan, bahwa pencegahan penyebaran angka Covid-19 dapat dilaksanakan jika pemerintah daerah memiliki komitmen dan keinginan yang kuat. Meski sudah ada regulasi dari pemerintah, jika tidak ditaati dengan baik maka akan menjadi sia-sia.

Beliau menjelaskan, bahwa keterlibatan nyata dari semua pihak diperlukan untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat Klaten. Hal ini dikarenakan mustahil jika hanya pemerintah daerah yang melakukan pengawasan.

Oleh karena itu, Dandim 0723/Klaten mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersinergi dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat terkait keberadaan Covid-19. Semua harus bergerak serentak dan tegas dalam menerapkan regulasi yang telah disepakati untuk menekan penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Klaten. Beliau juga mendukung usaha pemerintah untuk terus memaksimalkan isolasi terpusat dan pengadaan bed untuk pasien Covid-19.

Selanjutnya, Kapolres Klaten Edy Suranta Sitepu menyatakan dukungan penuh jajaran Polres Klaten terhadap regulasi yang akan dikeluarkan pemerintah daerah Klaten. Mulai dari himbauan hingga penjagaan ketat akan diusahakan oleh pihak Polres demi kebaikan masyarakat Klaten.

Kapolres Klaten mengatakan, kesediaannya untuk berkoordinasi aktif dengan semua pihak yang terkait guna menurunkan angka Covid-19 di Klaten. Beliau juga menyarankan pemaksimalan pelaksaan vaksinasi untuk seluruh masyarakat. Selain itu, Polres Klaten juga telah menurunkan personil di kecamatan dan desa di Klaten untuk monitoring dan mendisiplinkan penerapan PPKM Mikro di Klaten. Hal ini dilakukan sebagai usaha menanggalkan status zona merah di Klaten. (red/hm)

Facebook Comments Box