JATIM, (M-RADARNEWS.COM),-            Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Panjaitan mengingatkan pada seluruh kepala daerah di Indonesia untuk mewaspadai potensi penyebaran Covid-19 saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021 mendatang. Hal itu ditegaskannya melalui rapat virtual yang juga diikuti jajaran Satgas Covid-19 Jatim, Kamis (17/12/2020).

“Seluruh kepala daerah, mulai Gubernur, Bupati dan Walikota harus kerja ekstra di akhir tahun. Jangan sampai protokol kesehatan masyarakat menurun, sehingga menyebabkan penambahan jumlah pasien positif Covid-19 seperti libur panjang Oktober 2020 lalu,” jelas Luhut.

Ia juga meminta Menpan RB, Tjahjo Kumolo agar lebih tegas dengan tidak memberikan izin cuti pekerja bagi ASN di akhir tahun. Hal itu oleh Tjahjo direspon langsung dengan memastikan tidak ada izin cuti bagi ASN.

Luhut juga mengapresiasi beberapa provinsi yang kini lebih memperketat pengamanan protokol kesehatan, seperi DKI dan Bali. “Memang angka jumlah pasien positif terus bertambah, namun saya meminta para gubernur juga bisa lebih memproteksi wilayahnya masing-masing,” imbaunya.

Untuk Jawa Timur, Luhut juga menyampaikan, bahwa jumlah penambahan pasien positif Covid-19 terus meningkat. Dari total kasus hingga 16 Desember 2020 tercatat 72.124 kasus positif selama pandemi. Penambahan kasus baru tercatat 755 orang dan sembuh 537 orang.

Sementara total pasien di Jatim yang dirawat saat ini tercatat 4.831 orang dari jumlah tempat tidur pasien yang disediakan di RS rujukan sekitar 6000 bed. Dari jumlah itu, Luhut menyampaikan bahwa Bed of Occupancy Rate atau penggunaan tempat perawatan pasien masih di kisaran 65 persen dari batas normal 70 persen.

Untuk itu, ia menegaskan pada Pemprov Jatim untuk lebih memperketat protokol kesehatan Covid-19 di akhir tahun ini. Dalam rapat tersebut, Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa diwakili oleh enam pejabat eselon II. Di antaranya, Kadishub Jatim Nyono, Direktur RSU dr Soetomo Joni Wahyuhadi, Direktur RSJ Menit Ilham, Kadinkes Jatim Herlin Ferliana, Kasatpol PP Jatim Budi Santosa, dan Kadisbudpar Jatim Sinarto. (red/jnr/kmf)

Facebook Comments Box