JATENG, (M-RADARNEWS.COM),-        Meledak lagi, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Klaten Kembali mengumumkan perkembangan Covid-19 per hari ini, Rabu (02/09). Ada penambahan jumlah pasien kasus baru positif Covid-19, dan juga ada pasien yang dinyatakan sembuh.

Juru bicara Gustu PP Covid-19 Klaten, dr. Cahyono Widodo, M.Kes., menyampaikan, bahwa hari terdapat 2 pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh dan penambahan 66 orang terkonfirmasi Covid-19, Rabu (02/09/2020.

Sehingga jumlah kumulatif pasien terkonfirmasi Covid-19 di Klaten menjadi 384 orang. Sebanyak 188 orang menjalani perawatan di rumah sakit/ melakukan isolasi mandiri, 183 orang sembuh, dan 13 orang meninggal dunia.

“Hari ini terdapat 2 pasien dinyatakan sembuh, namun ada penambahan 66 orang terkonfirmasi Covid-19. Pasien sembuh berasal dari Prambanan dan Juwiring. Sedangkan penambahan pasien terkonfirmasi berasal dari Wonosari, Delanggu, Karangdowo, Klaten Utara, Klaten Tengah, Jatinom, Trucuk, Ngawen, Polanharjo, Tulung, Cawas, Ceper, dan Juwiring,” urai dr. Cahyono.

Pasien yang dinyatakan sembuh hari ini masing-masing berasal dari Prambanan berinisial YABP (35) Laki-laki dan dari Juwiring berinisial PS (23) Perempuan. Sebelumnya pasien YABP telah dinyatakan terkonfirmasi Covid-19 sejak tanggal 22 Juli 2020 dan telah menjalani perawatan di RS Panti Rapih Yogyakarta.

Sedangkan pasien PS dinyatakan terkonfirmasi Covid-19 tanggal 16 Agustus 2020 dan telah menjalani perawatan di RSD Bagas Waras Klaten. Dari hasil evaluasi pemeriksaan kedua pasien menunjukkan negatif, maka pasien dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang. Meskipun boleh diperbolehkan pulang, kedua pasien harus tetap melakukan isolasi mandiri minimal 7 hari.

Sementara untuk penambahan pasien positif baru berasal dari Wonosari berjumlah 4 orang, dari Delanggu berjumlah 18 orang, dari Karangdowo berjumlah 2 orang, dari Klaten Utara dan Klaten Tengah masing-masing berjumlah 1 orang, dari Jatinom berjumlah 3 orang, dari Trucuk berjumlah 8 orang, dari Ngawen berjumlah 10 orang, dari Polanharjo berjumlah 7 orang, dari Tulung dan Cawas masing-masing berjumlah 1 orang, dari Ceper berjumlah 9 dan terakhir dari Juwiring berjumlah 1 orang.

Dari 66 orang penambahan hari ini, 62 diantaranya merupakan kontak erat kasus terkonfirmasi Covid-19, 3 orang terpapar pada saat melakukan aktivitas sehari-hari di Klaten dan 1 orang lainnya memiliki riwayat perjalanan ke luar daerah sehingga dimungkinkan terpapar ketika melakukan perjalanan tersebut.

Saat ini terdapat 62 pasien menjalani isolasi mandiri dengan pengawasan tim medis, 1 pasien dirawat di RS dr. Oen Sukoharjo, 2 pasien dirawat di RS dr. R Soeradji Tirtonegoro Klaten, serta 1 pasien lain dirawat di PKU Muhammadiyah Jatinom.

Gustu PP Covid-19 Kabupaten Klaten tetap mengimbau kepada masyarakat agar senantiasa meningkatkan kesadarannya dan lebih disiplin menaati protokol kesehatan yang berlaku. Tetap berada di rumah, jika terpaksa keluar rumah wajib menggunakan masker, hindari kerumunan, dan terapkan pola hidup bersih dan sehat. (Dan)

Spread the love