JAKARTA, (M-RADARNEWS),-                 Dalam rangka memperkuat sinergi dengan pihak swasta untuk membangun DKI Jakarta, Penjabat (Pj) Gubernur Heru Budi Hartono menghadiri sekaligus memberikan sambutan dalam kegiatan Festival Pendidikan Astra Tahun 2023, di Gedung Sasono Langen Budoyo dan Sasono Utomo, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, pada Minggu, 28 Mei 2023.

Sesuai dengan tema kegiatan, yakni ‘Masa Depan Pendidikan Berkelanjutan dalam Keberagaman dan Kesetaraan’, Pj Gubernur Heru menginginkan sinergi tersebut mampu mendorong dunia pendidikan menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. Hal ini bisa dicontohkan dengan keselarasan bersikap di tengah kemajuan teknologi.

“Saya apresiasi terhadap program dari Astra yang sangat membantu kami dalam mencetak generasi unggul yang bisa membanggakan Indonesia. Seperti yang kita pahami, teknologi telah berkembang dengan pesat, tapi saya berpesan jangan lupa tetap tanamkan pemahaman budi pekerti kepada setiap siswa,” ujarnya.

Selain itu, Pj Gubernur Heru menilai, tema kegiatan pendidikan berkelanjutan ini diharapkan bisa berjalan secara konsisten, serta bisa ditiru sebagai contoh baik oleh pihak manapun. Ia menuturkan, peserta didik serta mahasiswa yang berstatus penduduk Jakarta juga telah difasilitasi penuh oleh Pemprov DKI, sehingga dapat terus menempuh pendidikan yang lebih baik.

“Kami mendorong para siswa dan mahasiswa di Jakarta untuk terus berprestasi, karena kami memiliki program unggulan, seperti Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU) yang per semesternya diberikan sembilan juta rupiah. Pada tahun ini, jumlah mahasiswa yang menerima KJMU sekitar 15 ribu. Hal ini juga berlaku bagi adik-adik dari SD hingga SMA/SMK yang mendapatkan bantuan pendidikan (KJP Plus). Sehingga, mereka diharapkan bisa berprestasi untuk memajukan pendidikan di Jakarta,” jelasnya.

Pj Gubernur Heru juga berharap, para bibit SDM unggul insan pendidikan di Jakarta bisa menjadi sosok yang nantinya mengisi posisi penting demi memajukan dan melanjutkan pembangunan Indonesia di masa depan. Untuk itu, perlu adanya pembinaan sejak dini.

“Jadi, adik-adik di sini bisa menjadi pemimpin di pos masing-masing, ini harus dimulai pembinaannya dari sekarang. Jadi, kami di Pemprov DKI juga sering bersinergi dengan Kemdikbudristek untuk menciptakan generasi unggul. Di sisi lain, kita harus optimis bahwa Indonesia mampu mewujudkan hal ini,” pungkasnya.

Untuk diketahui, kegiatan Festival Pendidikan Astra Tahun 2023 juga dihadiri oleh Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek RI Kiki Yuliati, Wali Kota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar, serta Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Purwosusilo. (rd/rls)

Spread the love