JATIM, (M-RADARNEWS.COM),- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan bahwa media massa atau insan pers miliki peranan penting dalam menyuarakan kebenaran. Hal itu disampaikan Jokowi saat puncak Hari Pers Nasional di Surabaya, Sabtu (9/2/2019).

“Media massa penting untuk menyuarakan kebenaran di tengah-tengah fenomena keganasan pascafakta dan pascakebenaran. Media massa menjadi arus utama dibutuhkan untuk menjernihkan informasi,” jelas Presiden Jokowi dalam sambutanya.

Menurutnya, peran utama media antara lain menyampaikan kebenaran dan mengungkap fakta terutama di tengah keganasan pascafakta dan pascakebenaran.

“Media harus menjaga misinya untuk mencari kebenaran dan menjaga optimisme. Mengutip Edelman Trust Barometer, bahwa media konvensional tetap lebih dipercaya dibandingkan dengan media sosial,” ungkapnya.

Presiden mengatakan, pada tahun 2016, tingkat kepercayaan terhadap media konvensional mencapai 59 persen. Sedangkan tahun lalu di 2018 tingkat kepercayaan itu meningkat hingga 63 persen.

“Semakin ke sini, semakin tidak percaya dengan media sosial. Ini cukup menggembirakan karena semakin meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap pers,” ungkapnya. (Tim/Jnr)

Facebook Comments Box