BALI, (M-RADARNEWS.COM),- Dalam rangka memperingati puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-42 PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung yang digelar di Ruang Kerta Gosana Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, Senin (22/10/2018).

Acara syukuran tersebut dihadiri Bupati Badung, Giri Prasta, Wakil Bupati Badung, Ketut Suiasa, Ketua DPRD Badung, Putu Parwata, Dirut PDAM Tirta Mangutama Kab. Badung, Ketut Golak, Dirum, Ida Ayu Eka Dewi Wijaya, Dirtek, Wayan Suyasa dan karyawan-karyawati PDAM Tirta Mangutama Badung, serta para tamu undangan.

Dirut PDAM Tirta Mangutama Kabupaten Badung, Ketut Golak dalam sambutannya mengatakan, sebenarnya HUT ke-42 PDAM Tirta Mangutama jatuh pada, Minggu, 21 Oktober 2018 dengan melaksanakan apel yang diikuti oleh seluruh karyawan-karyawati dan Dharma Wanita persatuan PDAM.

“Dasar pelaksanaan HUT ke-42 PDAM Tirta Mangutama adalah, keputusan Bupati Badung Nomor 539/7009/EK perihal pengesahan rencana kerja dan anggaran perusahaan (RKAP) tahun 2018 dan Surat Keputusan Direksi PDAM Tirta Mangutama Badung Nomor 48.2/PDAM/KPTS/2018 tanggal 27 Agustus 2018 tentang pembentukan panitia penyelenggara piodalan padmasana dan HUT ke-42 Tirta Mangutama Badung tahun 2018,” paparnya.

Lanjut Ketut Golak, adapun beberapa kegiatan yang dilaksanakan PDAM Tirta Mangutama Badung dalam serangkaian HUT diantaranya, Penghijauan di daerah resapan air tepatnya di bumi Perkemahan Dukuh, Desa Blahkiuh, Kecamatan Abiansemal pada, Jumat 12 Oktober 2018, Water Education atau pemahaman tentang pengelolaan air minum yang diikuti siswa-siswi SMPN 1 Blahkiuh dan SMAN 1 Kuta pada 15-16 Oktober 2018, dan Donor Darah dan cek kesehatan yang diikuti oleh karyawan-karyawati PDAM Tirta Mangutama Badung pada 8 Oktober 2018.

Disamping itu, PDAM Tirta Mangutama Badung berdasarkan hasil laporan keuangan yang sudah diaudit mendapatkan nilai 66,76 kategori baik dan sesuai BPPSPAM mendapat nilai 3,79 kategori sehat,” ungkap Ketut Golak.

“Per Agustus 2018, jumlah pelanggan sebanyak 71.125 SL, Cakupan pelayanan sebesar 68,10 persen, Return On Invesment (ROI) sebesar 7,12 persen, Return On Equity (ROE) sebesar 6,47 persen, Perkembangan laba setelah pajak 3 tahun terakhir (2015/2016/2017) yang telah diaudit masing-masing sebesar Rp17,1 miliar, Rp26,8 miliar, dan Rp35,9 miliar, dan Perkembangan kontribusi 3 tahun terakhir PDAM Tirta Mangutama Badung terhadap PAD yaitu, Tahun 2016 sebesar Rp9,45 miliar, Tahun 2017 sebesar Rp14,79 miliar, dan rencana tahun 2018 sebesar Rp19,76 miliar,” terangnya.

Ketut Golak menambahkan, keberhasilan tersebut tidak terlepas dari kepedulian yang sangat tinggi dari stakeholder dalam memberikan dukungan dan motivasi. Sesuai dengan ditetapkannya Perda Badung Nomor 1 tahun 2014 tentang penyertaan modal pemerintah daerah, dimana mulai tahun 2014-2017 telah mengalokasikan modal sebesar Rp179 miliar yang tujuannya untuk meningkatkan pelayanan air minum di PDAM Tirta Mangutama Badung.

Sedangkan Bupati Badung, Giri Prasta dalam pidatonya memberi kritisi terkait pencapaian yang dipaparkan Dirut PDAM Tirta Mangutama Badung. Giri Prasta mengatakan hal yang perlu dicermati perusahaan daerah itu. PDAM diharapkan tetap berprinsip pada tata kelola secara transparan dan terencana.

Selain itu, pelayanan air minum ingin selalu mengalir setiap jam atau setiap saat. “Harus dicatat, bagaimana caranya memberikan pelayanan yang komplit, dan juga Ingin PDAM menjadi komunitas yang kuat untuk menjaga kualitas air, jangan sampai berpikir alam tidak bersahabat dengan kita, tapi kita harus bisa berupaya bersahabat dan menjaga lingkungan atau alam,” terangnya.

“Saya Ingin menjadi pemimpin yang memberikan keadilan, itu hal yang paling utama saya lakukan. Saya juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh direksi PDAM Tirta Mangutama Badung, karena sampai saat ini sudah memberikan pelayanan yang terbaik bagi pelanggan,” ungkap Giri Prasta.

Lanjutnya, terkait kesejahteraan karyawan. Hal yang paling penting dalam perusahaan, menurut Giri Prasta adalah, terjaminnya kesejahteraan karyawan. Sebagai perusahaan jasa yang melayani pelanggan, karyawan menjadi aset yang sangat berharga dan sebagai ujung tombak keberhasilan suatu perusahaan.

“Saya juga ingin PDAM Tirta Mangutama Badung membuat beragam inovasi-inovasi, agar para pelanggan air minum khususnya diwilayah Kabupaten Badung terpenuhi,” pinta Giri Prasta. (Yd)

Facebook Comments Box