JATIM, (M-RADARNEWS.COM),-          Peran media massa, baik media cetak maupun elektronik sangat berperan penting dalam menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020. Masyarakat harus lebih bermartabat agar Surabaya semakin hebat.

Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur gelar sosialisasi pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Surabaya tahun 2020. Acara ini diselenggarakan di Gedung Pers PWI Jatim, tepatnya di Hall PWI Jatim, Senin (26/10/2020).

Acara yang dibawakan oleh Mahfud selaku moderator ini dihadiri langsung oleh Ketua PWI Jatim, Ainur Rohim. Gelaran kali ini mengangkat tema “Peran Media Massa dalam Menyukseskan Pilkada Serentak 2020”.

Media massa seringkali dimanfaatkan sebagai ajang kampanye bagi para kontestan Walikota dan Wakil Walikota. Hal ini perlu di waspadai, karena media tidak boleh berpihak pada salah satu kontestan.

“Calon Walikota dan Wakil Walikota memang memiliki relasi pada tiap-tiap media. Tetapi perlu diingat, bahwa media harus memberikan ruang yang sama pada masing-masing kontestan,” ujar Ketua PWI Jatim, Ainur Rohim.

Pemilik media massa dan media sosial harus memiliki etika ketika memberitakan seluruh peristiwa. Media juga memiliki tanggung jawab untuk mengkritisi individu.

“Memang tidak mudah bagi beberapa media untuk bersikap independent. Tapi negara ini memiliki UU ITE untuk menjadi benang merah atas hal tersebut,” tegasnya.

Pentingnya peran media massa dalam menyukseskan pilkada 2020 tentunya harus diikuti oleh kebijaksanaan masyarakat. Ainur Rohim memberikan himbauan bagi masyarakat, “Saya harap, masyarakat Surabaya harus lebih bermartabat dalam melancarkan pilkada 2020. Dengan begitu, Kota Surabaya ini akan menjadi lebih hebat,” pungkas Ketua PWI Jatim. (tim/jnr/kmf)

Facebook Comments Box