JATENG, (M-RADARNEWS.COM),-                Sebagai bentuk apresiasi kepada para pendonor, Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jawa Tengah dan pemerintah memberikan piagam penghargaan. Pemberian penghargaan ini sebagai wujud rasa terima kasih kepada pendonor yang telah menyumbangkan darah sebanyak 50 dan 75 kali. Pemberian penghargaan ini digelar pada, Senin (24/10/2022), di Gedung Muzdalifah Asrama Haji Donohudan (AHD) Kecamatan Ngemplak.

Gubernur Jawa Tengah yang berkesempatan hadir menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada para pendonor. Melalui donor darah tersebut, kontribusi untuk kemanusiaan di Provinsi Jawa Tengah tergolong cukup tinggi.

“Mereka adalah pahlawan pahlawan kemanusiaan yang sangat luar biasa. Masyarakat agar ikut serta. Karena dia, aksinya tidak pernah terlihat, mereka rutin, dan darah yang didonorkan itu terus saja kemudian di distribusikan. Sehingga Jawa Tengah bisa sampai sekitar 97 persen artinya kontribusi dari masyarakat untuk kemanusiaan sangat tinggi sekali,” ujar Gubernur Ganjar.

Disamping itu, Ketua PMI Provinsi Jawa Tengah Sarwa Pramana, bahwa 97 persen kebutuhan darah rumah sakit dapat dipenuhi oleh PMI se-Jawa Tengah, serta 98 persen kebutuhan darah konvasalen dapat dipenuhi saat masa pandemi Covid-19. Diungkapkan, sebanyak 1.240 orang menerima piagam penghargaan pada saat itu.

“Hari ini ada pendonor 50 kali sejumlah 955 orang, yang 75 kali 285 orang, total 1.240 orang,” katanya.

Salah satu warga Kabupaten Boyolali yang menerima piagam penghargaan, HestiSetyaningrum mengungkapkan rasa terima kasihnya karena telah diberikan penghargaan atas aksi kemanusiaannya. Dia yang telah mendonorkan darah sebanyak lebih dari 50 kali ini mengajak para generasi muda untuk ikut serta bergerak dalam aksi kemanusiaan dalam bentuk donor darah.

“Kami mengajak untuk terutama anak anak kaum (ikut donor darah). Tidak sakit, tidak apa apa, justru nanti darah kita itu selalu baru sehingga di dalam tubuh itu, kalau darah baru bisa memberikan kontribusi nutrisi bagi kita, sehat,” pungkasnya. (rd/hm)

Spread the love