JATIM, (M-RADARNEWS.COM),-           Tim Unit Siber Ditreskrimsus Polda Jatim tahan 4 pelaku yang terlibat penyebaran video pada youtube berjudul “Peringatan keras warga Madura untuk Mahfud MD karena kurang ajar kepada habib rizieq!”.

Keempat pelaku terancam UU ITE dengan ancaman hukuam 10 tahun penjara, adalah Gus Nawawi, Abdul Hakam, M Sirojuddin dan Samsul Hadi.

Hal itu mengandung muatan pemerasan dan/atau pengancaman dan/atau ujaran kebencian yang bermuatan sara dan/atau menyiarkan berita atau pemberitahuan bohong dengan sengaja menerbitkan keonaran dikalangan rakyat .

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko bersama Dirrekrimsus Polda Jatim, Kombes Gidion Arif Setiawan didampingi Kasubdit Siber Ditreskrimsus Polda Jatim, AKBP Wildan menyampaikan, kronologi aksi tersebut berawal pada 11 November 2020, pelapor mengetahui adanya unggahan video pada Youtube “Peringatan Keras Warga Madura Untuk Mahfud MD Karena Kurang Ajar Kepada Habib Rizieq!” oleh channel Youtube “Amazing Pasuruan” yang diunggah pada 9 November 2020, Minggu (13/12/2020).

Mendasari Laporan Polisi tersebut, Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jatim melaksakan analisa dan penyelidikan keberadaan terduga pemilik akun yang mengunggah video tersebut. Selanjutnya pada Jumat 11 Desember 2020, Subdit V Siber Ditresknmsus Poida Jatim berhasil mengamankan terduga pemilik channel Youtube “Amazing Pasuruan” beserta barang bukti di TKP.

Kasus itu melibatkan tersangka M Nawawi, SH., (Gus Nawawi) selaku admin Channel Youtube “Amazing Pasuruan” telah memberi judul “Peringatan Keras Warga Madura Untuk Mahfud MD Karena Kurang Ajar Kepada Habib Rizieq!” oleh channel Youtube “Amazing Pasuruan”.

Selain itu, juga mengunggah video pada Youtube mengandung muatan pemerasan dan/atau pengancaman dan/atau ujaran kebencian yang bermuatan SARA dan/atau menyiarkan berita atau pemberitahuan bohong.

Tersangka dilakukan penangkapan pada hari Jumat 11 Desember 2020 d rumahnya alamat Dusun Warungdowo Selatan, Desa Warungdowo, Kecamatan Poh Jentrek, Kabupaten Pasuruan.

Sementara kronologis Perkara LP.A/72/XII/RES.2.5/2020/SUS/SPKT SPKT Polda Jatim tertanggal 11 Desember 2020, anggota Subdit V Siber Ditreskrimsus Polda Jatim melakukan Penyelidikan terhadap perkara terkait unggahan video di Media Youtube dari pengguna akun atas nama “Amazing Pasuruan” dengan judul konten “Peringatan Keras Warga Madura untuk Mahfud MD karena kurang ajar kepada Habib Rizieq!” yang berdurasi 2 menit 33 detik.

Berawal dari Abd Hakam yang mendapatkan unggahan video tersebut dan NAS “Komunitas Alumni Sidogiri” yang diunggah oleh Mochamad Sirojuddin.

Video tersebut sebelumnya didapatkan Mochamad Sirojuddin dan grup Whatsapp “MADIN MIFTAHUL ULUM” yang diunggah oleh Samsul Hadi.

Samsul Hadi mendapatkan video tersebut dari grup Whatsapp “MAHABBAH ROSUL”. Selanjutnya terhadap para tersangka yang telah menerima dan/atau telah mengunggah video tersebut kepada pengguna Whatsapp lainnya diamankan beserta barang buktinya di rumah masing-masing dan dibawa ke Mapolda Jatim guna dilakukan proses hukum lebih lanjut. (hm/tnpj)

Facebook Comments Box