BALI, (M-RADARNEWS.COM),- Sebanyak 150 personel TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas TMMD (Tentara Manunggal Membangun Desa) ke- 104 Kodim 1626/Bangli saat ini berlangsung di Desa Peninjoan, Tembuku, Bangli sebagai wujud percepatan pembangunan di pelosok pedesaan.

Pelaksanaan TMMD ke- 104 TA 2019 pada saat ini mengerjakan sasaran pokok fisik seperti, pembuatan jalan sepanjang 1500 meter, bedah rumah salah satu warga dan pembuatan MCK. Dan sedangkan untuk sasaran non fisik ada 14 item atau materi penyuluhan.

Pada kegiatan hari ini, Jumat (15/3/2019) melaksanakan penanaman 1500 pohon Mahoni dan Intaran sepanjang dilokasi TMMD ke-104 yang dipimpin langsung Dandim 1626/Bangli Letkol Cpn Andy Pranoto, M.Sc., bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Kadis PMD) Pemkab Bangli I Dewa Agung Riana Putra M.M., serta melibatkan unsur TNI-Polri, ASN Pemkab Bangli, Aparat Kecamatan Tembuku, Staf Desa Peninjoan, Mahasiswa IHDN, Siswa-Siswi SMA Negeri 1 Tembuku dan juga warga masyarakat desa setempat.

Disamping itu, pelaksanaan kegiatan TMMD ke-104 di Desa Peninjoan untuk sasaran fisik dalam pembuatan MCK dan Bedah Rumah ini juga melibatkan 10 warga binaan Lapas diantaranya, 5 orang warga binaan dari Lapas Narkotika Klas IIA Bangli dan 5 orang dari Rutan Bangli.

Dandim 1626/Bangli Letkol Cpn Andy Pranoto mengatakan, sejak pembukaan TMMD ke-104 di Desa Peninjoan pada tanggal, 26 Februari 2019 kita jadikan sebagai tempat diskusi merencanakan kegiatan TMMD ke-104 dibawah Kodim 1626/Bangli. Kegiatan ini terwujud atas saran, masukan dan aspirasi masyarakat Desa Peninjoan, khususnya Br. Dinas Tampuagan dan Br. Penarukan.

“Selama ini, sebelum dilaksanakannya TMMD, aksesnya hanya berupa jalan setapak yang sangat curam, terjal dan jika hujan jalan bisa licin jadi sangat berisiko. Jadi dengan adanya kegiatan pelaksanaan pembuatan jalan ini, termasuk sebagian dari terwujudnya harapan masyarakat setempat,” ujarnya.

Terkait keikutsertaan 10 warga binaan dalam pelaksanaan TMMD ke-104, lanjut Letkol Cpn Andy Pranoto mengungkapkan, bahwa sebelum dilaksanakannya kegiatan ini dan masih tahap perencanaan pelaksanaan TMMD ke-104, Kepala Rutan Bangli audensi ke Kodim 1626/Bangli dan menawarkan warga binaannya untuk ikut serta membantu pelaksanaan kegiatan. Jadi ke 10 warga binaan tersebut ikut membantu dalam pembuatan MCK dan bedah rumah.

“Dari 10 warga binaan yang diikutsertakan dalam kegiatan pelaksanaan TMMD ke-104 sebelumnya sudah diseleksi sama pihak Rutan, salah satunya yang berkompeten dibidangnya. Dengan melibatkannya warga binaan Lapas maupun Rutan, sampai saat ini kemungkinan belum ada di tempat lain kecuali disini dan ini juga merupakan salah satu terobosan terbaru,” ungkap Letkol Cpn Andy Pranoto.

Disamping itu juga, Perbekel Desa Peninjoan I Dewa Nyoman Tagel Putra Adnyana menyampaikan terimakasih dengan adanya pelaksanaan TMMD ke -104 ini sudah mewujudkan salah satu harapan bagi warga Desa Peninjoan, khususnya warga Br. Dinas Tampuagan dan Br. Penarukan.

“Dengan adanya pembuatan jalan, pembuatan MCK, bedah rumah dan penanaman 1500 serta 14 item non fisik seperti kesehatan dan bantuan lain yang bersifat sosial. Diharapkan juga dengan adanya pelaksaan TMMD ke-104 di Desa Peninjoan bisa berguna dan dimanfaatkan masyarakat dengan baik,” pungkasnya. (Yd)

Facebook Comments Box