BALI, (M-RADARNEWS.COM),-      Selain mengedukasi masyarakat untuk mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan oleh Pemerintah Pusat maupun Daerah, Aparat TNI dan Polri di wilayah Provinsi Bali juga turut bersinergi menghadapi kesulitan yang dihadapi masyarakat di tengah wabah Covid-19 saat ini dengan melakukan kegiatan Bakti Sosial.

Demikian disampaikan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., pada konferensi persnya dihadapan media disela-sela kegiatan Bakti Sosial Pendistribusian dan Pembagian Sembako dalam rangka Peduli Covid-19 yang diselenggarakan di Makodam IX/Udayana, Denpasar, Kamis (23/04/2020).

Pangdam mengatakan, bahwa kegiatan Bakti Sosial dengan tema “TNI-Polri Peduli Covid-19” ini merupakan bagian dari rasa simpati TNI-Polri dalam hal ini Kodam IX/Udayana dan Polda Bali untuk meringankan beban masyarakat di tengah masa sulit wabah Pandemi Covid-19 yang sangat mempengaruhi sendi-sendi kehidupan bangsa saat ini.

“Suasana yang sulit inipun juga kita rasakan, ini adalah empati yang muncul dari anggota TNI-Polri beserta keluarganya yang ada di wilayah Bali, untuk memberikan suntikan motivasi dan optimisme kepada masyarakat, agar mereka yakin bahwa kita bisa melewati masa sulit ini dengan baik,” ungkap Pangdam.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam juga berpesan kepada masyarakat untuk mengikuti anjuran yang disampaikan oleh pemerintah terkait dengan protokol kesehatan yang memang sulit untuk menghadapinya, semuanya itu tergantung pada kedisiplinan masyarakat, hal tersebutlah yang menjadi kunci utama untuk memastikan kapan Pandem Covid-19 ini berakhir.

“Disiplin menjaga kebersihan dirinya, disiplin menggunakan masker jika harus keluar rumah, dan disiplin membatasi diri untuk berkumpul dengan banyak orang, sehingga kita bisa memutus rantai penyebaran Covid-19 ini. Hal itulah yang dapat memastikan kapan berakhirnya masa sulit ini, tetapi jika kita tidak disiplin, maka sulit untuk memastikan kapan ini berakhir,” tegas Pangdam.

Sasaran dalam kegiatan ini adalah masyarakat kurang mampu yang terdampak dan rentan terhadap wabah Pandemi Covid-19, diantaranya adalah Para Veteran, Pecalang yang selama ini juga menjaga ketertiban masyarakat, para pekerja yang saat ini terancam maupun sudah kehilangan pekerjaannya, buruh yang berpenghasilan tidak tetap serta beberapa Panti Asuhan dan Panti Jompo.

Persiapan Jajaran TNI-Polri saat mendistribusikan 1.110 Paket Sembako

“Bantuan 1.110 Paket Sembako ini, selain untuk Panti Asuhan dan Panti Jompo, juga akan didistribusikan ke masing-masing Kodim jajaran di wilayah provinsi Bali yang selanjutnya dilaksanakan pembagian langsung ke masyarakat secara door to door oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas,” jelas Pangdam.

Pangdam menuturkan, bahwa setelah ini juga akan ada lagi bantuan-bantuan sumbangan dari komponen masyarakat maupun perusahaan yang mempercayakan TNI-Polri untuk mendistribusikannya kepada masyarakat, pihaknyapun juga mengajak rekan-rekan yang mempunyai kemampuan dari segi materi untuk berpartisipasi dan bekerjasama dalam hal tersebut.

Menghadapi Bulan Ramadhan, lanjut Pangdam, Kodam IX/Udayana juga nantinya akan membangun dan membuka Dapur Lapangan pada saat menjelang berbuka puasa untuk sedikitnya membantu meringankan beban masyarakat yang kurang mampu.

“Untuk itu kami mohon doa restunya, dan kami juga bersedia manakala ada rekan-rekan yang memiliki kemampuan ingin menyumbangkan bahan makanan untuk kita olah di Dapur Umum Kodam,” tambah Pangdam.

Terkait imbauan pemerintah, Pangdam menyebutkan bahwa pihaknya melalui Para Babinsa yang menjadi garda terdepan bersama Bhabinkamtibmas untuk tidak henti-hentinya memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pencegahan penyebaran Covid-19 tersebut.

“Seperti yang juga kita lihat saat ini di lapangan, kedatangan para TKI dan PMI serta ABK Kapal dari luar negeri telah kita terima dengan prosedur yang ditetapkan, dan alhamdulillah masyarakat menerima ini dengan baik, meskipun sebelumnya ada sekelompok masyarakat yang perlu kita jelaskan, sehingga semuanya sekarang sudah menerima dengan baik,” pungkasnya.

Kegiatan yang berjalan dengan tertib, aman dan lancar tersebut dihadiri juga oleh Irdam IX/Udy, Danrem 163/WSA, Para Pa Sahli Pangdam IX/Udy, Para Asisten Kasdam IX/Udy, Dirbinmas Polda Bali, LO AL, LO AU, Para Dan/Kabalakdam IX/Udy, Dandim 1611/Badung, Dandim 1616/Gianyar, Dandim 1623/Karangasem, Kapolres Badung, Kapolresta Denpasar, Dansat Brimob Polda Bali, serta Para Babinsa dan Bhabinkamtibmas. (PendamIX/Udy)

Facebook Comments Box