Site icon www.m-radarnews.com

Upacara Peringati Hari Pahlawan, Bupati Anas Ajak Majukan Daerah lewat Sektor Kreatif

JATIM, (M-RADARNEWS.COM),-        Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menjadi inspektur upacara dalam memperingati hari pahlawan. Upacara diikuti pegawai pemkab Banyuwangi, para veteran, mahasiswa, pelajar, TNI dan Polri.

Upacara peringatan hari pahlawan digelar di Taman Blambangan, Banyuwangi, Minggu (10/11/2019). Dalam upacara tersebut, dibacakan pesan mutiara dari para pahlawan kemerdekaan dan nasional. Mulai dari Bung Tomo, Bung Karno, RA Kartini, Jenderal Sudirman, Pattimura, Mohammad Hatta, Nyi Ageng Serang, Supriyadi, hingga WR Supratman.

Usai pembacaan pesan-pesan pahlawan, Anas berharap agar semua pesan itu bisa memotivasi dan dimaknai dengan baik sebagai bekal untuk membangun negeri.

“Setiap hari pahlawan, kita selalu diingatkan dengan pertempuran hebat 10 November 1945 di Surabaya. Peristiwa heroik ini mengingatkan kita bahwa kemerdekaan yang didapat saat ini adalah berkat kerja keras para pendahulu kita,” ujarnya.

Sesuai dengan tema Hari Pahlawan tahun ini “Aku Pahlawan Masa Kini”, Anas mengajak semua peserta untuk memaksimalkan peran masing-masing untuk kemajuan daerah dengan cara yang kreatif.

“Tantangan kita ke depan sangat berat. Lapangan pekerjaan akan semakin sedikit. Kalau semua orang ingin bekerja di sektor formal, tentu lapangan pekerjaan akan semakin sempit. Karena itu dibutuhkan pribadi-pribadi yang kreatif dan inovatif untuk meningkatkan perekonomian daerah,” ujar Bupati Anas.

Apalagi, lanjut Anas, Banyuwangi telah berkomitmen untuk tidak bergantung pada sumber daya alam. Tapi sektor SDM dan jasa  jadi pilihan, salah satunya dengan pengembangan pariwisata.

“Pariwisata sangat memungkinkan berkembangnya sektor ekonomi kreatif. Karena itu kami harap dosen, mahasiswa dan pelajar bisa bersama-sama mendorong tumbuhnya sektor kreatif agar lapangan pekerjaan di sektor formal tidak menjadi andalan semata,” pungkasnya.

Peringatan Hari Pahlawan ini sebelumnya diawali dengan ziarah dan prosesi tabur bunga. Ziarah dilakukan pada pagi hari dilakukan di TMP Wisma Raga Satria dan TMP 0032 di Pantai Marina Boom.

Tabur bunga juga dilakukan dari atas KRI Bima Suci yang sedang bersandar di Pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi selama tiga hari. (Hum/*)

Spread the love
Exit mobile version