Site icon www.m-radarnews.com

Wakapolda Bali Pimpin Upacara Peringati Hari Lahir Pancasila

BALI, (M-RADARNEWS),- Setiap tanggal 1 Juni, Bangsa Indonesia memperingati hari lahir Pancasila. Peringatan Hari Lahir Pancasila harus dimanfaatkan sebagai momen pengingat, momen pemacu dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila.

Rakyat Indonesia biasanya memperingati Hari Lahir Pancasila dengan melaksanakan upacara bendera, termasuk di Polda Bali. Upacara bendera yang digelar di Halaman Depan Mapolda Bali ini diikuti ribuan personel dan dipimpin langsung Wakapolda Bali Brigjen Pol. Drs. I Wayan Sunartha, Jumat (1/6) pukul 08.00 Wita.

Brigjen Pol. Drs. I Wayan Sunartha dalam membacakan sambutan Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo mengatakan, Bangsa Indonesia sudah merdeka sejak 73 tahun silam. Sejak itu, Pancasila sudah menjadi bintang pemandu Bangsa Indonesia dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya. Selama itu juga, Pancasila sudah menjadi rumah rakyat Indonesia yang ber-Bhineka Tunggal Ika. “Sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia,” tegasnya.

Dijelaskannya bahwa Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia. Saat itu, para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan. Bahkan, Pancasila berperan sebagai faslafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi pondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

“Tugas dan tanggung jawab kita adalah memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan, hati dan pikiran kita. Pada peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini, kita harus meneguhkan semangat kita untuk bersatu, berbagi dan berprestasi,” imbuhnya.

Dengan modal semangat dan energi kebersamaan, Indonesia akan mampu berprestasi untuk memenangkan kompetisi. Modalnya adalah harus percaya diri dan berani bersaing dalam kehidupan dunia yang semakin terbuka dan kompetitif serta tidak menghabiskan energi untuk perselisihan dan perpecahan.

“Saya yakin semangat berprestasi itu tertanam kuat di dada para atlet kita untuk mengibarkan bendera merah putih di Asian Games dan Asian Para-games yang diselenggarakan tahun ini. Saya yakin semangat berprestasi ini juga membara di seluruh lapisan masyarakat untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju,” harapnya. (Tim/Hum)

Facebook Comments Box
Exit mobile version