JATENG, (M-RADARNEWS.COM),-        Di daerah Tanon, Sragen digemparkan penemuan Fosil Gajah Purba, penemuan fosil yang diduga Gading Gajah Purba tak hanya monopoli daerah aliran sungai (DAS) Bengawan Solo saja. Namun masih ada di wilayah lain seperti, di Desa Bonagung, Kec. Tanon, Kab Sragen, yang jauh dari sungai Bengawan Solo. Dugaan sementara benda yang di temukan adalah Fosil Gajah Purba.

Fosil yang berbentuk Gading itu ditemukan oleh Puryanto (42) RT 25, Desa Bonagung tepatnya pada hari, Rabo 22 Januari 2020 lalu sekitar pukul 14.00 WIB.

Saat dikonfirmasi oleh awak media, Warno selaku Kepala Desa Bonagung menyampaikan jika fosil yang ditemukan di wilayahnya ini bukan kali pertama, namun yang ini masih dugaan sementara dikarenakan belum di lakukan pengecekan atau penelitian oleh pihak terkait.

Awal mulanya Puryanto (42) sedang mengarap ladang milik Giyono (46), saat mengali tanah semakin dalam ada sesuatu di dalam tanah tersebut yang mencurigakan. “Karena rasa penasaran, Puryanto mengali tanah lebih dalam dan ternyata ada sebuah benda yang keras dan berbentuk Gading Gajah Purba di dalam tanah tersebut,” ungkapnya, Sabtu (25/1/2020).

”Saat ini saya melakukan koordinasi dengan Muspika Kec. Tanon dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk melakukan mengecekan benda tersebut, untuk dibawa ke dinas terkait tentang kebenaran apakah benda itu memang betul betul fosil atau bukan,” tandasnya

Selain itu, Purwanto mengungkapkan, bahwa rencananya pada tanggal 27 Januari 2020 nantinya benda tersebut akan dipastikan oleh pihak petugas Purbakala untuk pengecekan dan penelitian benda tersebut. (Dn)

Facebook Comments Box