Site icon www.m-radarnews.com

Wabup Banyuwangi Selama Dua Hari Kunjungi Warga Sakit dan Cek Irigasi

JATIM, (M-RADARNEWS),- Selama dua hari, Kamis sore sampai Jumat siang (3-4 Mei) Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko kembali melakukan kunjungan kerja di wilayah selatan, yakni di Kecamatan Siliragung dan kecamatan Bangorejo. Di dua daerah ini Wabup ingin melihat dari dekat pelayanan kesehatan program jemput bola oleh puskesmas dan insfrastrutur jalan yang ada di daerah tersebut.

Kunjungan wabup ini diawali dengan menjenguk salah seorang warga yang mendapat perawatan jemput bola dari puskesmas Desa Kesilir, Kecamatan Siliragung. Yakni, Nurul Hidayah (38th) warga Dusun Sumber Bening, Desa Kesilir yang menderita penyakit jantung.

Di rumah Nurul yang sehari-harinya tinggal berdua dengan neneknya ini, Wabup dating ditemani Kepala Desa Keselir. Saat melihat kondisi Nurul yang terbaring lemah, Wabup tampak haru , dengan perhatian wabup menanyakan kondisi Nurul serta pengobatannya. “Gimana mbak, apa yang yang dikeluhkan? Apa sudah mendapatkan perawatan,” tanya Wabup.

Mendapat dari perhatian Wabup, Nurul pun tampak girang. Dengan wajah lesu Nurul menjawab sudah pak. “Saya sudah mendapatkan pengobatan di puskesmas desa pak. Tiap hari ada perawat yang ke sini untuk memeriksa dan mengantar obat untuk saya,” kata Nurul.

Mendengar jawaban Nurul, Wabup pun langsung tanggap dan langsung meminta kades Kesilir untuk terus melanjutkan pengobatan jemput bola ini dengan sungguh-sungguh. “Pak kades saya minta teruskan program jemput bola ini. Ini sangat membantu warga. Apa yang dilakukan petugas disini, bias ditiru desa-desa lainnya. Jika semua mau berbuat seperti ini, pasti tidak ada lagi warga Banyuwangi yang tidak terurus kesehatannya,” kata Wabup.

Selain itu, Wabup juga menyerahkan bantuan uang dan sembako kepada Nurul.

Usai dari situ, Wabup Yusuf melanjutkan kunjungannya menuju pendopo kantor Kecamatan Siliragung untuk bertemu warga. Disini wabup menggelar dialog bersama masyarakat untuk menampung uneg-uneg dan keluhan warganya. Warga pun memanfaatkan kesempatan ini dengan menyampaikan bermacam-macam keluhan. Mulai cara mendapatkan beasiswa bagi warga tidak mampu hingga keluhan jalan dan jembatan rusak.

Dengan seksama Wabup pun menjawab semua keluhan warganya. “Untuk beasiswa silahkan diajukan saja permohonan kepada pemerintah, akan ditangani. Apalagi sekarang ada uang saku untuk siswa tak mampu. Untuk jalan rusak desa bisa atasi, gunakan dana ADD untuk perbaikan insfrastruktur desa. Tapi ingat dalam membangun harus diperhatikan saluran airnya,” kata Wabup.

Sebelum menuju pendopo, Wabup menyempatkan singgah di rumah warga untuk ikut tahlil malam Jumat.

Di hari kedua, Jum’at pagi Yusuf melanjutkan kunjungannya menuju Puskesmas Kebondalem, Kecamatan Bangorejo dengan bersepeda. Meski perjalanan cukup jauh, Wabup tampak menikmati kegiatan gowes yang ditemani jajaran muspika ini.

Sembari bersepeda, Wabup mengecek insfrastruktur jalan yang dilalui sampai puskesmas. Saat tiba di puskesmas wabup langsung mengecek layanan rawat inap yang ada di puskesmas tersebut. Karena masih pagi, puskesmas masih sepi, tapi wabup tampak puas dengan kondisi bangunan rawat inapnya. Mengakhiri kunjungannya wabup sempat melihat bangunan irigasi yang berada di sepanjang sungai Kebondalem. (Tim/Hm)

Spread the love
Exit mobile version