JATIM, (M-RADARNEWS),- Memastikan media mainstream yang mengabarkan pelayanan publik Banyuwangi yang bagus, Deputi Bidang Koordinasi Kesatuan Bangsa (Bidkor Kesbang) Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Arief Arief Poerboyo Moekiyat melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi.

Deputi datang ke Banyuwangi, Kamis (19/7) dengan stafnya dan sejumlah awak media langsung mengunjungi sejumlah pelayanan publik. Antara lain lounge pelayanan publik, mall pelayanan publik dan smart kampung, yang ada di Desa Kampung Anyar, Kecamatan Glagah.

“Kehadiran kami hari ini, ingin melihat langsung pelayanan publik Banyuwangi yang banyak diberitakan dimana-mana, Sebelum besok Jum’at (20/7) kami memberikan pembekalan pelatihan literasi media sosial dan motivasi hidup bermakna di Banyuwangi,” terang Deputi menyampaikan maksud kunjungannya ini.

Sasaran kunjungan pertama adalah lounge pelayanan publik, saat berada di lounge pelayanan publik ini, Deputi sempat melihat layar monitor yang sudah memuat prgoram-program pelayanan publik secara online. Mulai e- village budgeting, e–monitoring sistem hingga program pengentasan kemiskinan.

Deputi melanjutkan kunjungan ke mall pelayanan publik. Begitu melihat pelayanan publik yang tersentral, Deputi terlihat kagum dan antuias. Apalagi saat melihat pojok baca yang ada di Mall Pelayanan Publik, Deputi langsung melihat koleksi buku yang ada di pojok baca. Dia pun juga tergerak memberikan salah buku tentang wawasan kebangsaan untuk menambah koleksi di pojok baca.

“Mall Pelayanan Publik ini sangat bagus. Semua layanan masyarakat bisa dilayani disatu tempat. Terutama dibidang pelayanan perijinan dan adminitrasi kependudukan seperti KK dan KTP. Ini sangat menginspirasi untuk dijadikan contoh di lembaga Kementerian juga bisa jadi contoh daerah-daerah lain,” ujarnya.

Deputi yang juga mengajak Asisten Deputi Koordinasi Memperteguh Kebangsaan dan stafnya ini melanjutkan kunjungannya ke Kampung Anyar. Di desa ini melihat secara langsung proses pelayanan adminitrasi kependudukan yang ada di desa. Mulai pengurusan surat-surat, seperti surat pindah, akta kelahiran hingga pengurusan KK dan KTP. Secara umum pelayanan publik bagus semua. Apalagi program smart kampung di desa Kampung Anyar ini yang melayani semua admintrasi surat menyurat bisa diselesaikan ditingkat desa sangat bagus sekali.

Berkaitan dengan tugas saya selaku Deputi, lanjutnya, tidak hanya pelayanan masyarakat, namun juga diadakan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan keamanan. Saya berharap keamanan di desa tetap dijaga dan kondusif,” pungkasnya. (Tim/Hmb)

Facebook Comments Box