JATENG,(M-RADARNEWS.COM),-            Beberapa waktu yang lalu, klaster pondok pesantren (ponpes) sempat mendominasi kasus terkonfirmasi positif Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Boyolali. Salah satu ponpes di Kecamatan Karanggede yakni Ponpes Darul Abror terdapat santri yang terinfeksi sebanyak 71 orang.

Dijelaskan Camat Karanggede, Ari Wahyu Prabowo bahwa Tim Satuan Tugas (satgas) penanganan Covid-19 Kecamatan Karanggede telah melakukan penanganan secara medis terhadap santri ponpes yang berada di Desa Pengkol ini. Setelah dinyatakan negatif Covid-19, para santri dipulangkan.

“Kita sudah melakukan pemulangan terhadap santri yang sudah sembuh melakukan isolasi maupun santri-santri yang negatif,” ungkapnya, Rabu (24/02).

Pada tahap pertama, pihaknya memulangkan 65 santri yang menjadi kontak erat dari pasien, dan di tahap kedua ada 50 santri kontak erat yang selesai isolasi dan dipulangkan. Serta terdapat tujuh orang yang masih harus menjalani isolasi.

“Ada tujuh orang yang masih diisolasi secara medis klinis, kondisinya baik-baik Insyallah nanti setelah selesai isolasi akan segera kita pulangkan,” terangnya. Lanjutnya mengungkapkan, bahwa setelah nanti semua santri dipulangkan, ponpes akan dilakukan sterilisasi oleh Satgas Covid-19 Kecamatan Karanggede.

Merebaknya Covid-19 di Ponpes Darul Abror ini bermula dari dua orang pimpinan Ponpes Darul Abror yang melakukan perjalanan luar daerah beberapa waktu yang lalu. Setelah itu keduanya merasakan gejala mirip Covid-19. Mereka melakukan tes rapid antigen dan  tes PCR (Polymerase Chain Reaction) atau tes swab, dimana hasilnya dinyatakan positif Covid-19. (red/hm)

Facebook Comments Box