JATIM, (M-RADARNEWS.COM),- Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Jawa Timur II (Kanwil DJP Jatim II) melantik ratusan Relawan Pajak. Para relawan pajak yang dilantik ini merupakan mahasiswa dari delapan tax center dibawah naungan DJP Jatim II yang sebelumnya telah dilakukan seleksi dan pelatihan. Nantinya diharapkan bisa menambah kepatuhan wajib pajak dalam memenuhi kewajibannya membayar pajak.

Kepala DJP Jatim II Lusiani mengatakan, saat ini wajib pajak jumlahnya 15 juta WP, sementara pegawai kantor pajak jumlahnya terbatas. Hal inilah yang mendorong Kanwil DJP Jatim II mengajak mahasiswa menjadi agen Relawan Pajak yang perekrutannya melalui tax center.

“Setelah dilantik, para Relawan Pajak ini akan ikut serta melakukan pendampingan pelaporan SPT tahunan dengan menggunakan e-filling,” ucap Lusiani, Selasa (5/3/2019).

Lebih jauh disampaikan Lusiani, para relawan pajak ini bukan karyawan DJP tapi mahasiswa perwakilan universitas yang bekerjasama dengan DJP melalui tax center yang ada di universitas masing-masing.

“Tahun ini ada 150 Relawan Pajak yang mulai besok sampai 31 Maret 2019 akan bertugas membantu DJP untuk menerima pelaporan SPT tahunan 2018,” ungkapnya.

DJP menerima pelaporan perpajakan WP selama satu tahun, SPT tahunan pribadi pada Maret dan SPT tahunan Badan pada April. Keberadaan Relawan Pajak akan mengemban tugas membantu DJP dalam rangka pemenuhan kewajiban perpajakan para WP.

“Kita merasa terbantu dengan keberadaan para Relawan Pajak dalam penerimaan laporan SPT tahunan melalui e-filling ini,” ungkapnya.

DJP Jatim II optimistis terpenuhi target penerimaan pajak pada 2019 yakni Rp 23,5 triliun. “Kami mengingatkan untuk para WP, batas akhir pelaporan SPT perorangan, 31 Maret dan SPT Badan pada April. Segera lakukan pelaporan melalui aplikasi e-filling,” pungkasnya. (Tim/Jnr/Kmf)

Facebook Comments Box