BALI, (M-RADARNEWS.COM),- Gedung Serbaguna Kodim 1611/Badung diresmikan Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta, Selasa (2/10/2018) bertempat di Makodim 1611/Badung.

Peresmian gedung lantai tiga tersebut dihadiri Pejabat Kodam IX/Udayana dan tokoh masyarakat antara lain Pangdam IX/ Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto, S.IP., Badung, Danrem 163/ Wira Satya Kolonel Arh A.M. Suharyadi, S.I.P., M.Si., para Asisten Kasdam IX/Udayana, Dandim 1611/Badung, Penglingsir Puri Pemecutan, Penglisisir Puri Mengwi dan jajaran Personel Kodim 1611/Badung.

Dalam sambutannya, Pangdam IX/Udayana menyampaikan apresiasinya terhadap sinergi Pemkab Badung dengan Kodam IX/Udayana, yang telah mengalokasikan pembangunan gedung serbaguna melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Badung.

Menurut Pangdam, ini merupakan bagian dari sinergi dalam mewujudkan kinerja yang maksimal melalui kerja keras dan kerja ikhlas.

“Daerah lain juga punya kemampuan melakukan sinergi yang sama, hanya saja jarang yang mau bertindak. Tidak semua Bupati mau seperti itu, ada kemampuan tapi belum tentu punya kemauan, ini salah satu Bupati yang peduli dengan TNI,” ungkap Pangdam.

Dilanjutkan Pangdam, terkait dengan sinergi yang baik ini tentu ada timbal balik dari TNI, dengan meningkatkan etos kerja Personel TNI dalam menjaga keamanan dan kenyamanan masyarakat.

Oleh sebab itu, Pangdam berharap ada sinergi dalam bentuk kritik dan saran terhadap kinerja TNI, sehingga peran TNI dalam menciptakan situasi yang kondisif bisa terlaksana dengan baik.

“Tidak lepas kami mohon bimbingan, melalui saran dan masukan terbaik untuk meningkatkan kualitas kinerja TNI wilayah Bali, khususnya Kodam IX/Udayana,” pungkasnya.

Menanggapi apresiasi tersebut, Bupati Giri Prasta dalam sambutannya mengungkap, bahwa peran TNI begitu vertikal dalam menciptakan kondusifitas keamanan wilayah dan itu sangat dirasakan oleh masyarakat.

Dengan adanya gedung serbaguna ini, Bupati berharap sinergi Pemkab Badung dan TNI selalu terjalin baik. Selain itu, dengan adanya gedung baru diharapkan memberi kenyamanan dalam berkerja, sebab pada prinsipnya jika fasilitas sudah memadai, akan mampu berkerja dengan baik.

“Peran TNI dalam pengamanan bagi masyarakat dianalogikan dengan konsep Asta Brata, kepemimpinan seperti juga apa yang dilakukan dalam kepemimpinan dalam TNI.

Menurut Bupati, Asta Brata kepemimpinan tersebut terdiri atas lima elemen dan tiga perasaan. Lima elemen dimaksud dikorelasikan dengan Panca Maha Butha yang harus seimbang dalam setiap fungsinya. Jika tak bisa mengolah api, air, angin, tanah, udara tentu akan menimbulkan bencana,” terangnya.

Begitu juga terkait tiga perasaan dimana kita sudah hidup masa kerta, dwapara dan kaliyuga. Walau kita saat ini dibilang hidup pada jaman kaliyuga dengan ciri banyaknya konflik kepentingan tetapi bagaimana kita dapat menyikapi untuk dapat hidup berdampingan dengan damai.

Selanjutnya, Bupati menceritakan sosok pejuang asal Badung yang merupakan pahlawan nasional Bapak I Gusti Ngurah Rai merupakan anggota TNI yang masih dikenal dengan nama TKR atau Tentara Keamanan Rakyat. Perjuangan I Gusti Ngurah Rai begitu luar biasa dengan semangat Puputan Margarananya demi membela kepentingan bangsa dan negara khususnya berjuang mempertahankan kehormatan masyarakat Bali.

Menurutnya sejak dulu TNI berperan penting dan banyak berbuat untuk negara, tentunya sebagai daerah yang menjunjung tinggi nilai luhur sebisanya kami juga membantu instansi vertikal dalam hal ini pembangunan Gedung Serbaguna Kodim 1611/Badung.

Semoga apa yang ada ini, dapat dimanfaatkan dengan baik dan memberikan kenyamanan dalam bekerja. Sebagai simbolis peresmian, Bupati Badung Giri Prasta dan Pangdam IX/Udayana menandatangani prasasti dan pemotongan pita. Acara diakhiri dengan peninjauan gedung dan ramah tamah bersama. (Tim/Hum)

Facebook Comments Box