JATENG, (M-RADARNEWS.COM),-            Pemdes Karangwungu, Karangdowo, Klaten menyalurkan Bantuan Langsung Tunai lanjutan, (BLT) Dana Desa tahap 4 kepada 100 warga yang terdampak wabah Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan di gedung kantor desa, Jumat malam (23/10/2020).

Meski saat ini di beberapa desa wilayah Kabupaten didera wabah Virus Corona, namun Pemdes Karangwungu, meski malam hari tetap berupaya melayani warga. Dengan segera menyalurkan BLT DD tahap 4 ini tetap mengedepankan protokol kesehatan.

Kepala Desa Karangwungu Sudarjo mengatakan, dalam penyaluran BLT DD tahap 4 ini memang sangat ketat dengan menerapkan protokol kesehatan dari pemerintah seperti; wajib mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker.

“Warga sebagai penerima bantuan (BLT DD) dipantau sejak awal mereka datang ke lokasi dan dicek suhu badan dengan alat Thermogan. Penerima bantuan wajib memakai masker, menjaga jarak tidak boleh bergerombol dan mencuci tangan dengan handsanitizer untuk mencegah penularan virus Covid-19.

Penyaluran bantuan ini berupa uang sejumlah Rp300 ribu, dibagi dalam 3 gelombang, acara dimulai pukul 19.00 WIB – hingga selesai,” katanya.

Dalam penyaluran BLT DD tahap 4 ini semua petugas seperti Kades beserta Perangkat Desa, Petugas dari Kecamatan dan anggota BPD memakai masker dan menggunakan pelindung wajah.

“Semoga bantuan uang ini bisa membantu warga untuk dapat memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari. Jangan dibelanjakan untuk hal-hal yang mubazir, yang tidak perlu,” lanjut Sudarjo.

Sudarjo menghimbau apabila ada warga yang terpapar virus Covid-19 wajib dikarantina di Rumah Sakit. Sedang apabila ada warga yang baru merasakan gejala-gejalanya bisa melakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari.

“Masuk Tatanan New Normal, semua warga harus tertib dan wajib menggunakan masker diluar ruangan atau di rumah masing-masing serta melakukan protokol kesehatan untuk memutus rantai penyebaran virus Covid-19,” harapnya.

Salah seorang warga desa setempat yang enggan disebut namanya sebagai penerima bantuan DD tahap 4 tersebut mengaku sangat senang. “Untuk tambah-tambah uang belanja kebutuhan dapur,” katanya. (Dan)

Spread the love