JATIM, (M-RADARNEWS.COM),-              Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi percepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk Calon Jemaah Haji (CJH) tahun 2021 asal kabupaten di ujung timur Pulau Jawa tersebut. Sebanyak 1.049 CJH asal Banyuwangi menjalani vaksinasi Covid-19 tahap pertama pada Selasa dan Rabu, (30-31 Maret 2021) di lima rumah sakit.

”Alhamdulillah, tadi saya cek semuanya berjalan lancar, tidak ada kendala berarti. Vaksinasi ini adalah ikhtiar, kita berharap pelaksanaan ibadah haji tahun ini bisa lancar dan aman,” ujar Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, saat meninjau pelaksanaan vaksinasi bagi CJH, di Rumah Sakit Graha Medika, Rabu (31/03/2021).

Vaksinasi dilakukan di rumah sakit karena mayoritas CJH telah berusia lanjut (lansia) yang termasuk risiko tinggi. “Vaksinasi ini sebagai salah satu syarat CJH bisa berangkat. Saya minta bapak/ibu terus menjaga kesehatan dan tetap patuhi protokol kesehatan. Semoga berangkat dan pulang dengan selamat serta sehat, ibadahnya mabrur, Insya Allah,” kata Bupati Ipuk.

Lanjut Bupati Ipuk meminta kepada CJH selama pelaksanaan vaksinasi tetap taat prosedur. Mulai verifikasi data, pemeriksaan kesehatan fisik, lalu divaksin, pencatatan dan tetap harus menunggu untuk melihat apakah ada Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) atau tidak. “Apabila ada keluhan segera lapor petugas kesehatan,” ujarnya.

”Sehat-sehat ya semuanya Bapak/ibu. Kita tunggu detail teknis pelaksanaan ibadah haji dari pemerintah Arab Saudi dan Kementerian Agama. Saya titip doakan untuk Banyuwangi dan Indonesia agar kita semua bisa melewati pandemi ini dengan baik,” kata Bupati Ipuk kepada para CJH.

Salah seorang CJH peserta vaksinasi, Suhardi, asal Desa Purwoharjo. Dia berharap agar tahun ini bisa berangkat haji. “Semoga diberi kesehatan dan keselamatan, dan yang terpenting tahun ini bisa berangkat,” tutur Suhardi. (hm/*)

Facebook Comments Box