BALI, (M-RADARNEWS.COM),- Dalam kehidupan sehari-hari tidak jauh dari akan adanya sampah, salah satunya sampah plastik yang masih menjadi masalah karena mengotori lingkungan dan merusak pemandangan serta sekaligus mengancam kesehatan.

Sampai saat ini sudah bermacam cara untuk mengatasinya, sudah banyak gerakan dilakukan tapi masih saja plastik berada disembarang tempat. Kini gerakan baru yakni, “Bali Resik Sampah Plastik” yang digelar secara kompak di Bali sesuai ajakan Gubernur Bali.

Untuk diwilayah Kabupaten Buleleng, gerakan ini digelar di areal pantai Pura Labuan Aji, Desa Temukus, Kecamatan Banjar pada hari, Minggu (7/4/2019) yang dibuka secara langsung Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana.

Bupati Buleleng dalam sambutannya mengajak ke semua masyarakat untuk mensukseskan gerakan semesta berencana Bali Resik Sampah Plastik secara berkelanjutan, yang tidak hanya dilakukan hari itu juga dihari-hari berikutnya dan diberbagai kesempatan.

Kedepannya, diharapkan gerakan ini menumbuhkan kesadaran bersama terhadap masalah sampah dan bersama-sama mengatasinya. Dengan demikian sampah di Buleleng tidak lagi masalah, terutama masalah sampah plastik.

“Sampah merupakan sumber penyakit. Jika banyak sampah, maka sudah pasti turis tidak mau datang. Meskipun indahnya alam yang kita miliki, dan menariknya seni budaya. Tapi jika banyak sampah maka tak ada yang mau datang,” ungkapnya.

Maka dari itu, Bupati Buleleng berharap Dinas Lingkungan Hidup (DLH) agar memetakan mana sampah kiriman, sehingga nantinya bisa fokus melakukan pembersihan pantai.

Dihadapan peserta bersih-bersih, lanjut Bupati Buleleng menjelaskan, bahwa
pembersihan membuat sehat, tak ada DB dan tamu atau turis pasti senang. Sslain itu, Bupati dengan lantang mengajak agar sampah dikejar sampai ke dasar laut .” Jangan hanya permukaan saja bersih juga dasar laut bersih,” serunya disambut tepukan hadirin.

Sementara itu, Kepala DLH Buleleng melaporkan peserta Bali Resik Sampah Plastik diikuti oleh perwakilan SKPD, Masyarakat bernagai desa di Kecamatan Banjar, TNI dan Polri serta siswa dan pramuka Buleleng. (Tim/Hm)

Facebook Comments Box