BALI, (M-RADARNEWS.COM),-            Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Bali menyelenggarakan Talkshow Nasional dalam rangka peringatan Hari Pergerakan Perempuan Indonesia atau Peringatan Hari Ibu Tahun 2020 secara daring, Selasa (22/12/2020).

I Gusti Ayu Diah Yuniti Selaku Moderator menyampaikan, Pandemi Covid-19 menunjukkan pentingnya ketahanan masyarakat. Perempuan Indonesia bukan hanya menjadi fondasi bagi ketangguhan keluarga di masa sulit seperti ini, melainkan juga berperan penting bagi publik lebih luas dengan menjadi ujung tombak penanganan pandemi hingga kemajuan ekonomi.

“Pandemi COVID-19 telah berdampak kepada kelompok komunitas rentan di seluruh dunia, dan perempuan miskin adalah salah satu kelompok yang paling menderita,” ucap Ayu Diah Yuniti Yang Juga Wakil Ketua Bidang Usaha, Kreativitas, Inovasi, dan Pengembangan Sumber Daya Kwarda Bali.

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Bali I Made Rentin dalam Sapa Salam menyampaikan. Sangat bangga bisa bertemu secara daring dengan insan Pramuka seluruh Indonesia.

Dalam Talkshow Nasional mengangkat tema ketangguhan perempuan Bali diantara Covid-19 dan kemiskinan. “Kenapa tema ini kami angkat di sela-sela hiruk-pikuk dan kita memperingati hari Ibu tahun 2020. Covid-19 masih dan sedang berlangsung dan kita semua sedang berperang menghadapi pandemi Covid-19,” ucapnya.

Made Rentin menambahkan, bahwa perempuan Indonesia menanggung beban pekerjaan tanpa dibayar, seperti mengasuh anak, karena adanya ketidaksetaraan gender di masyarakat Indonesia.

“Beban ini menjadi berkali lipat ketika pandemi. Keterbatasan untuk mengakses layanan fasilitas kesehatan dan pendidikan memperparah beban tersebut,” kata Made Rentin.

Lanjut Made Rentin. Upaya dan usaha Kwarda Bali telah kami lakukan bersinergi dengan Gugus Tugas Provinsi Bali. dan Pramuka diberikan kepercayaan sebagai Duta dan agen perubahan perilaku hidup sehat.

Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini saya mengharapkan agar kakak-kakak dan adik-adik anggota Pramuka, termasuk Pramuka putri, tetap mengedepankan untuk mematuhi protokol kesehatan. Untuk memutus mata rantai virus Covid-19.

Dalam Sambutan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang dibacakan oleh GKR. Mangkubumi, selaku Ketua Komisi Pengabdian Masyarakat menyampaikan peringatan Hari Ibu di Indonesia bukan sekadar menghormati jasa para ibu. Sesungguhnya, peringatan Hari Ibu di negara kita adalah penghormatan kepada kaum perempuan secara keseluruhan.

“Saat ini, kaum perempuan telah membuktikan dirinya mampu mengerjakan berbagai hal dan aktivitas, tidak kalah dengan kaum pria. Di lingkungan Gerakan Pramuka, walau pun kita melakukan pendidikan dengan satuan terpisah antara anak lelaki dan perempuan, namun jenis dan bentuk pendidikannya tidak dibedakan,” ucap GKR. Mangkubumi saat membacakan sambutan.

Talkshow Nasional Ketangguhan Perempuan Bali Diantara Covid-19 dan Kemiskinan telah mandapat antusias dari kalangan perempuan dan masyarakat seluruh Indonesia

Tampil sebagai pembicara, Dr. Ardi Adji, S.Si., M.Si. Selaku Pokja kebijakan TNP2K Sekretariat Wakil Presiden RI, Dr. Ir. Luh Riniti Rahayu, M.Si, Majelis Desa Adat Provinsi Bal dan Ni Made Widianingsih, Kelian Dusun Gitgit Buleleng. (kwrd)

Facebook Comments Box