“Kami sedang menunggu pendataan ini. Kami sangat berharap ada data baru yang lebih nyata. Sebagai acuan dalam program-program yang akan kita lakukan,” kata Ipuk saat membuka Laporan Regsosek bersama BPS, SKPD terkait, kelurahan, Kades/Walikota, Koramil dan Kapolri di Banyuwangi, di Hotel Aston, dikutib dari laman resmi Pemkab Banyuwangi, Rabu (28/09/2022).

Bupati Ipuk berharap pendataan tersebut nantinya dapat memotret situasi nyata di masyarakat. Sehingga nantinya dihasilkan data yang akurat.

“Data ini nantinya akan menjadi acuan dalam menentukan penyaluran program perlindungan sosial dan pemberdayaan masyarakat. Jadi, datanya harus akurat. Sehingga nantinya program yang dicanangkan bisa tepat sasaran dan terarah,” ujarnya.

Selama ini, lanjut Ipuk, Banyuwangi selalu melakukan verifikasi dan evaluasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Namun, masih ada keluhan di kalangan masyarakat tentang keberadaan orang miskin yang belum tersentuh.

“Dari sini, kami mengharapkan pembaruan data yang lebih akurat. Selain itu, pendataan ini juga akan dilengkapi dengan data geospasial. Jadi lebih spesifik,” harapnya.

Sementara itu, Kepala BPS Banyuwangi Joko Santoso mengatakan, pendataan awal akan dimulai pada pertengahan Oktober 2022. “Kemudian, pada 15 Oktober hingga 14 November 2022, pendataan akan dimulai langsung ke publik,” jelasnya.

Data yang dikumpulkan dalam Regsosek 2022 ini meliputi kondisi sosial ekonomi demografi, kondisi perumahan dan sanitasi air bersih, kepemilikan aset, kondisi kerentanan kelompok penduduk khusus, informasi geospasial, tingkat kesejahteraan dan informasi sosial ekonomi lainnya.

“Data-data ini nantinya akan menjadi bagian dari sistem Satu Data Indonesia. Setiap tahun akan diupdate melalui monografi digital desa atau kelurahan,” jelas Joko.

Lebih lanjut, Joko berharap program Regsosek 2022 mendapat dukungan dari seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat luas. “Semoga ini berjalan lancar dan tidak ada kendala dalam pelaksanaannya di lapangan,” pungkasnya. (rd/hm)

Facebook Comments Box