BALI, (M-RADARNEWS.COM),- Pemerintah Daerah Kabupaten Buleleng kembali melakukan kegiatan bersih-bersih di Tukad Saba Seririt bersama seluruh pegawai Lingkup Pemkab Buleleng, perguruan tinggi Monarch, pelajar SMA dan SD di Kecamatan Seririt, Jumat (2/11/2018).

Kegiatan kebersihan ini dilakukan sebagai implementasi program kali bersih dan pengendalian pencemaran di daerah aliran sungai di Kabupaten Buleleng.

Dalam kesempatan itu, Kadis Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng Putu Ariadi Pribadi, S. STP, MAP menerangkan, bahwa kegiatan kebersihan di aliran sungai dilakukan berdasarkan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup No. 35 Tahun 1995 tentang Program Kali Bersih dan Peraturan Bupati Buleleng No. 5 Tahun 2013 tentang Gerakan Kebersihan dan Penghijauan di Kabupaten Buleleng.

Adapun tujuan dilakukannya kegiatan ini adalah, untuk menciptakan kondisi kali yang bersih di Tukad Saba dan memberikan kesadaran masyarakat untuk turut berpartisipasi aktif dalam menjaga kebersihan sungai dan pengendalian pencemaran aliran sungai.

Selain melakukan giat kebersihan, juga dirangkaikan dengan penyerahan bantuan bibit Cempaka kepada Camat Seririt dan peralatan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) kepada Dinas Perkimtan dan BPBD Buleleng.

Menurut keterangan Kadis Tenaga Kerja Kabupaten Buleleng Ni Made Dwi Priyanti Putri Koriawan, SE., pemberian bantuan bibit cempaka berjumlah 150 pohon dan bekerjsama dengan BPJS Ketenagakerjaan. Bibit tersebut sepenuhnya diberikan kepada Camat Seririt untuk kemudian didistribusikan ke desa-desa. Terkait dengan peralatan K3, Kadis Dwi Priyanti menerangkan bahwa di Provinsi Bali, baru Pemkab Buleleng saja yang memberikan bantuan peralatan K3 kepada OPD yang bekerja teknis dilapangan.

Sehubungan dengan hal tersebut, maka diberikanlah bantuan K3 sebanyak 4 pasang kepada Dinas Perkimtan Buleleng dan BPBD Buleleng, dimana peralatan K3 dimaksud terdiri dari topi, sepatu boot dan tali. Kedepannya kegiatan penyerahan bantuan K3 akan dilaksanakan secara rutin demi mendukung secara teknis keselamatan para pekerja lapangan OPD Buleleng.

Sementara itu, Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana, ST yang hadir dalam kesempatan itu meminta kepada Camat Seririt untuk mulai menyusun program bersih-bersih di wilayah Kecamatan Seririt. Partisipasi seluruh lapisan masyarakat sangat penting dalam mendukung suksesnya giat kebersihan aliran sungai dan pengendalian pencemaran daerah aliran sungai.

Selain itu, pemberian sosialisasi juga perlu dilakukan secara berkesinambungan guna memupuk kesadaran masyarakat agar tidak lagi membuang sampah sembarangan, terutama kepada masyarakat yang tinggal dipinggiran sungai dan pantai. Tidak lupa juga, Bupati yang akrab PAS itu mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh pegawai, mahasiswa dan adik-adik pelajar yang tetap semangat melakukan giat kebersihan.

Selanjutnya, Bupati PAS didampingi Wakil Bupati Buleleng dr. I Nyoman Sutjidra, Kadis Ariadi Pribadi dan Kadis Dwi Priyanti menyerahkan secara langsung bibit Cempaka dan perlatan K3. (Hm)

Facebook Comments Box